Kepulauan Riau Diminta Untuk Kembangkan Ecotourism
Instagram/airhidayat1
Travel

Kepulauan Riau Diminta Untuk Kembangkan Ecotourism

Jumat, 06 Desember 2019 14:43 WIB 06 Desember 2019, 14:43 WIB

INDOZONE.ID - Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Rizki Handayani Mustafa meminta Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau untuk mau mengembangkan wisata ecotourism dan family friendly.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik, wisatawan mancanegara yang datang ke Kepri sejak tahun 2017 mengalami kenaikan. Pada tahun 2017, wisman yang datang mencapai 2.139.962, tahun 2018 mencapai 2.635.664, dan hingga Oktober 2019, BPS sudah mencatat sebanyak 2.347.189 yang telah mengunjungi Kepri.

"Isu ke depan bagaimana meningkatkan lama tinggal. Lama tinggal wisatawan di Kepulauan Riau itu terbilang rendah, rata-rata 2 malam dan spendingnya tidak terlalu besar," terang Rizki Handayani.

Oleh karena itu, Rizki minta kepada Plt Gubernur Kepri, Isdianto untuk menyiapkan strategi. Seperti misalnya membangun pasar malam yang disesuaikan dengan pasarnya masing-masing.

"Tahun 2014, kami mencoba mengubah image Batam, karena pada saat itu wisatawan Malaysia bilang Batam adalah destinasi laki-laki. Kami yakinkan bahwa Batam punya resort bagus yang pas untuk keluarga," tambahnya.

Menurut dia, selain pasar malam, perlu juga mengembangkan destinasi wisata yang ramah dengan keluarga. Sebab, wisatawan mancanegara asal Singapura biasanya selalu berlibur ke Kepri bersama keluarga.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Nanda
Nanda

Nanda

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU