The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Berikut Kota Pertama Spanyol di Dunia yang 'Terobsesi' dengan Air, Maksudnya?
Valencia, Spanyol. (photo/Ilustrasi/Pexels/Jo Kassis)
Travel

Berikut Kota Pertama Spanyol di Dunia yang 'Terobsesi' dengan Air, Maksudnya?

Minggu, 29 Agustus 2021 11:28 WIB 29 Agustus 2021, 11:28 WIB

INDOZONE.ID - Kota ini patut diacungi jempol. Untuk melakukan pariwisata yang berkelanjutan, kota ini menghitung semua pergerakan air yang digunakan. Valencia merupakan kota wisata di Spanyol. Seperti kota-kota Spanyol lainnya, Valencia memang sangatlah digandrungi turis. 

Komitmen dari Valencia terhadap pengembangan pariwisata yang berkelanjutan sudah mencapai tahap baru. Melansir dari Travel Daily, Valencia menjadi kota pertama dunia yang ukur jejak air dari aktivitas wisata. Jadi, Valencia akan menghitung konsumsi air dan asal polusi air tawar, langsung atau tidaknya polusi itu, komponen kegiatan wisata mulai dari transportasi dan akomodasi hingga konsumsi air di restoran dan tempat rekreasi. 

Dapat disimpulkan jika Valencia akan menghitung semua pergerakan air yang digunakan aktivitas pariwisata dari mulai asalnya hingga menjadi polusi. Studi ini dilakukan perusahaan Global Omnium yang bekerja sama dengan Visit Valencia Foundation dan Dewan Kota Valencia. 

Kalau dilihat sekilas, Valencia seperti terobsesi dengan air. Padahal ini bukti cinta Valencia pada lingkungan. Inisiatif ini merupakan bagian dari Strategi Pariwisata Berkelanjutan Valencia untuk menjadi kota netral karbon pada 2025. Terapan jejak air juga dilakukan untuk membuat pengelolaan air jadi lebih efisien. 

Menurut penelitian, total volume konsumsi air yang berasal dari aktivitas wisata di Valencia pada 2019 adalah 74,23 hektar kubik. Ini berarti ada 0,35 meter kubik air yang digunakan satu wisatawan per harinya. Perhitungan ini juga termasuk untuk penumpang kapal pesiar dan mereka yang liburan ke sana hanya untuk piknik saja. 

Menghitung jejak air adalah langkah pertama untuk identifikasi peluang untuk mengurangi konsumsi air dan terapkan langkah-langkah yang diperlukan untuk pengelolaan sumber daya yang lebih berkelanjutan. Pada 2020, Valencia sendiri telah verifikasi jejak karbon dari seluruh aktivitas wisata. Tujuannya adalah menjadi tujuan wisata netral karbon pertama dunia pada 2025.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fernando Sutanto
TERKAIT DENGAN INI

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US