The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Ini Alasan Kenapa Finlandia Dijuluki sebagai Negara Paling Bahagia
Ilustrasi warga Finlandia yang bahagia (baklol.com)
Travel

Ini Alasan Kenapa Finlandia Dijuluki sebagai Negara Paling Bahagia

Selasa, 14 Januari 2020 12:40 WIB 14 Januari 2020, 12:40 WIB

INDOZONE.ID - Berdasarkan data dari World Happiness Report di tahun 2019, negara Finlandia menempati posisi pertama dalam daftar negara paling bahagia di dunia.

Ada enam variabel yang jadi acuan penilaian negara penentuan peringakat ini, mulai dari pendapatan, kebebasan, kepercayaan, harapan hidup sehat, dukungan sosial, dan kemurahan hati.

"10 negara teratas cenderung memiliki peringkat tinggi dalam semua enam variabel, serta ukuran emosional dalam kesejahteraan," kata co-editor laporan tersebut John Helliwell, profesor emeritus ekonomi di University of British Columbia.

Dalam laporan itu tertera, rasa bahagia tak hanya dirasakan oleh warga Finlandia saja, tapi juga wisatawan yang berkunjung ke negara tersebut.

Lantas, apa saja yang membuat negara Finlandia jadi negara paling bahagia di dunia? Melansir dari Brightside ini alasannya.

1. Air minum gratis

finlandia
ilustrasi sumber air di Finlandia (pixabay/arunas68)

Jika di negara lain, air harus dibeli, tapi tidak dengan di Finlandia. Ini karena Finlandia memiliki banyak danau yang airnya begitu murni. Saking murninya, air dari danau bisa langsung diminum dan tak perlu melewati proses pematangan lagi.

2. Tunjangan untuk anak

finlan
ilustrasi bayi dari Finlandia (pexels/Daria Shevtsova)

Anak-anak di Finlandia dari umurnya bayi hingga berusia 17 tahun, akan mendapatkan uang tunjangan sebesar 100 euro atau sekitar Rp1,5 juta per bulan. Orang tua yang menerima uang ini diberi kebebasan untuk membeli apa saja. Namun, kebanyakan orang tua memilih menyimpannya.

3. Banyak kompetisi olahraga

finlandia
ilustrasi salah satu kompetisi olahraga di Finlandia (instagram/@whatasport)

Di negara ini, banyak sekali kompetisi-kompetisi olahraga yang baru diciptakan oleh masyarakatnya, seperti menggendong istri, melempar ponsel, berburu nyamuk, bermain gitar udara, dan boot-throwing.

4. Negara dengan konsumsi kopi kedua di dunia

kopi
ilustrasi konsumsi kopi di Finlandia (pexels/Nathan Dumlao)

Finlandia menjadi negara dengan jumlah konsumsi kopi tertinggi kedua di dunia. Masyarakat Finlandia bisa mengonsumsi kopi sebanyak 26,5 pon kopi per tahun menurut Asosiasi Kopi Internasional.

5. Pendidikan gratis

sekolah
ilustrasi mahasiswa yang mendapat pendidikan gratis (instagram/@ayy_fi)

Di Finlandia, setiap warga negara Uni Eropa digratiskan untuk menempuh pendidikan. Sistem pendidikan di Finlandia biasanya mengedepankan pengetahuan tentang bahasa Inggris dan bahasa Finlandia. Bahkan, pendidikan di Finlandia dinobatkan sebagai salah satu yang terbaik di dunia.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Putri
Putri

Putri

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US