Wah Senangnya... Koala Korban Kebakaran Hutan di Australia Kembali ke Habitat
5 ekor koala korban kebakaran hutan di Australia dilepaskan kembali ke habitat asal. (Facebook/Science for Wildlife Ltd)
Travel

Wah Senangnya... Koala Korban Kebakaran Hutan di Australia Kembali ke Habitat

Senin, 30 Maret 2020 12:12 WIB 30 Maret 2020, 12:12 WIB

INDOZONE.ID - Diperkirakan ada sekitar ribuan ekor koala yang menjadi korban kebakaran hutan hebat di Australia pada awal tahun lalu. Beruntung, di antara korban masih ada yang bertahan hidup dan kini telah dikembalikan ke habitat aslinya usai menjalani proses perawatan yang panjang.

Mengutip laporan Insider, ada empat ekor koala dewasa dan seekor bayi koala baru lahir yang kini telah dilepaskan ke habitat aslinya. Mereka bagian dari 12 ekor koala korban kebakaran hutan yang dirawat di Kebun Binatang Taronga, Sydney.

Kelima ekor koala tersebut dilepaskan ke Taman Nasional Kanagraboyd yang berada di New South Wales. Pelepasan koala dibantu oleh komunitas Science for Wildlife yang bermitra dengan San Diego Zoo Global.

Komunitas itu telah menyelamatkan koala-koala dari kebakaran hutan di Blue Mountains dan kemudian merawatnya di Kebun Binatang Taronga. Pelepasan koala ke habitat aslinya dipercepat dari jadwal sebelumnya karena adanya wabah virus corona.

"Kami telah menilai area terbakar tempat kami dulu menyelamatkan para koala untuk mengetahui kapan kondisinya sudah cukup baik dan pohon-pohon dapat mendukung mereka lagi," kata Dr. Kellie Leigh, Direktur Eksekutif Science for Wildlife.

"Hujan baru-baru ini telah membantu dan sekarang ada banyak tumbuhan baru yang dapat mereka makan, jadi waktunya tepat," lanjut Leigh.

Kelima ekor koala yang telah dilepaskan akan terus dipantau dengan alat pelacak radio yang telah dibekali kepada koala-koala tersebut. Pemantauan itu dilakukan agar para konservasionis dapat mengetahui bagaimana para koala dapat hidup di alam bebas setelah kebakaran.

Leigh berharap, mereka akan segera dapat menemukan habitat koala baru yang masih hidup.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Muhammad Alfath Ishari
Nanda

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US