The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Singa Langka di India Ini Tewas Karena Virus COVID-19
Singa. (photo/Ilustrasi/Pexels/Michael Noel)
Travel

Singa Langka di India Ini Tewas Karena Virus COVID-19

Kamis, 10 Juni 2021 10:10 WIB 10 Juni 2021, 10:10 WIB

INDOZONE.ID - Seekor singa Asia langka tewas dan diyakini disebabkan COVID-19 di kebun bintang di India. Karena itu, 28 gajah langsung dites COVID-19. Melansir AFP, kematian singa itu menjadi kematian hewan pertama di India akibat COVID-19. Singa itu mati pada awal Juni 2021. 

Dilaporkan, singa itu masih berusia 9 tahun dan tinggal di kebun binatang Vandalur di Chennai di negara bagian Tamil Nadu. Singa itu merupakan satu di antara 9 singa yang dites serta hasilnya positif terkena COVID-19. Dua singa lain yang dites dalam kondisi kritis saat ini. Melihat hal itu, seorang penjaga hutan di Suaka Harimau Mudumalai memberikan komentarnya.

"Setelah singa di Kebun Binatang Vandalur dinyatakan positif Covid-19, kami diminta untuk menguji gajah-gajah di sini sebagai tindakan pencegahan," ungkapnya. 

Di sisi lain, mereka juga mengecek 28 gajah yang diambil sampel hidung dan dubur, termasuk dengan 2 anak gajah. Itu akan dikirim ke Institut Penelitian Hewan India di negata bagian utara Uttar Pradaesh. Hasilnya tidak langsung diketahui, tetapi harus tunggu sekitar satu minggu lagi. 

"Hewan-hewan itu tidak menunjukkan gejala, itu hanya sebagai tindakan pencegahan," lanjutnya. 

"Tidak ada kesulitan dalam mengambil sampel swab, karena mereka gajah terlatih," jelasnya. 

Pemeriksaan itu menjadi lanjutan tes yang dilakukan pada 21 harimau di kebun binatang di negara bagian timur Jharkhand. Di kebun binatang itu seekor harimau berusia 10 tahun mati karena demam. Dari hasil tes rapid antigen harimau itu tunjukkan hasil negatif, tetapi pengelola kebun binatang masih menunggu hasil tes RT-PCR.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fernando Sutanto
TERKAIT DENGAN INI
JOIN US
JOIN US