The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Candi Ini Tertua di Jatim, Menutupi Kawah Gunung Berapi dan Punya Air Sakti
Candi Songgoriti. (Hasan Syamsuri/IDZ Creators)
Travel

Candi Ini Tertua di Jatim, Menutupi Kawah Gunung Berapi dan Punya Air Sakti

Senin, 16 Mei 2022 09:30 WIB 16 Mei 2022, 09:30 WIB

INDOZONE.ID - Kota Batu, Jawa Timur, enggak hanya terkenal sebagai gudangnya wisata alam, namun juga wisata sejarah. Salah satu destinasi wisata sejarah yang sering dikunjungi wisatawan adalah Candi Songgoriti, yang ada di kawasan Songgoriti, Kelurahan Songgokerto, Kecamatan Batu. 

Candi Songgoriti merupakan salah satu candi tertua yang pernah ditemukan di Jawa Timur. Candi yang berada di lembah antara Gunung Kawi dan Gunung Anjasmara ini, terbuat dari batu andesit. Sayang, badan dan atap candi telah runtuh. 

songgoriti
Candi Songgoriti. (Hasan Syamsuri/IDZ Creators)

Adanya fragmen Arca Pria pada relung utara dan Durga Mahisasuramardhini pada relung timur, mengindikasikan bahwa candi ini merupakan candi yang bernafaskan Hindu Siwa. Candi Songgoriti yang merupakan peninggalan Kerajaan Mataram Kuno ini, dibangun oleh Mpu Supo di abad 9 sekitar 886 Masehi. 

Candi ini ditemukan oleh Van Ijsseldijk pada 1799. Sejak pertama ditemukan, Pemerintah Hindia Belanda telah beberapa kali melakukan pemugaran yaitu pada 1849 dan 1863. Pemugaran selanjutnya dilakukan pada 1902 dan 1921-1923. Secara arsitektur, Candi Songgoriti tergolong dalam candi petirtaan. 

candi
Candi Songgoriti. (Hasan Syamsuri/IDZ Creators)

Candi petirtaan merupakan gabungan dari candi tempat pemujaan dewa dan petirtaan untuk mengambil air suci. Hal ini diindikasikan dengan adanya bilik candi yang terdapat sumber air panas yang mengandung belerang sangat kuat. Ada cerita menarik terkait keberadaan sumber air panas ini.

Konon, sumber mata air yang mengalir di bawah bangunan candi ini, dulunya adalah sumber mata air dingin. Namun karena sering digunakan mencuci keris-keris bertuah dan memiliki kekuatan supranatural yang merupakan benda pusaka dari Kerajaan Medang yang dipimpin Raja Sindok, akhirnya sumber mata air ini berubah menjadi sumber mata air panas.

candi
Candi Songgoriti. (Hasan Syamsuri/IDZ Creators)

Mitos yang berkembang di masyarakat, air panas ini dipercaya sebagai air suci yang memiliki kekuatan magis. Banyak yang percaya jika air panas ini dapat mengobati berbagai penyakit. Sehingga banyak warga dari luar kota yang sengaja datang untuk mengambil air tersebut, selain ada juga yang sembari melakukan ritual tertentu.

Cerita lain yang berkembang di masyarakat, dulu kawasan di sekitar Candi Songgoriti tidak dapat dihuni manusia karena masih berupa kawah. Hal ini dikarenakan Kota Batu khususnya kawasan Songgoriti terletak diantara gunung api, yakni Arjuno, Welirang, Butak, Kawi dan Panderman. Bahkan satu diantara gunung-gunung tersebut masih aktif hingga kini.

candi
Kawah di Candi Songgoriti. (Hasan Syamsuri/IDZ Creators)

Namun semenjak kedatangan Mpu Supo yang diutus Raja Kerajaan Medang atau Kerajaan Mataram Kuno yakni Raja Sindok untuk membuat tempat peristirahatan keluarga kerajaan di tempat ini, Kawasan Songgoriti jadi bisa dihuni. Mpu Supo sengaja membangun Candi Supo atau yang kini disebut Candi Songgoriti, untuk digunakan menutup kawah tersebut.

Bikin cerita serumu dan dapatkan berbagai reward menarik! Let’s join IDZ Creators dengan klik di sini.

IDZ Creators
IDZ Creators
TAG
Yayan Supriyanto
Hasan Syamsuri
Hasan Syamsuri

Hasan Syamsuri

Community Writer
JOIN US
JOIN US