The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Keren! Bandara Banyuwangi Masuk 20 Karya Arsitektur Terbaik di Dunia, Begini Penampakannya
Bandara Banyuwangi. (ANTARA FOTO/Budi Candra Setya/aww)
Travel

Keren! Bandara Banyuwangi Masuk 20 Karya Arsitektur Terbaik di Dunia, Begini Penampakannya

Jumat, 10 Juni 2022 14:59 WIB 10 Juni 2022, 14:59 WIB

INDOZONE.ID - Bandar Udara Internasional Banyuwangi yang sebelumnya dikenal sebagai Bandara Blimbingsari berhasil masuk 20 karya arsitektur terbaik di Dunia dengan kategori Green Airport- Desain Unik tahun 2022.

Dilansir dari Instagram resmi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia Penghargaan dari Aga Khan Awards for Architecture (AKAA) tersebut berhasil diraih berkat desain dan konsep ramah lingkungan yang dimiliki Bandara Banyuwangi.

Bandara hijau di Banyuwangi ini bersaing dengan 20 karya arsitektur lain dari 16 negara.

Dilansir Antara, AKAA merupakan penghargaan tertua pada bidang arsitektur yang dapat dilaksanakan setiap tiga tahun sekali.

Karya yang masuk tidak hanya menampilkan keunggulan arsitektur, namun juga aspirasi budaya, mendukung konservasi dan peningkatan kualitas lingkungan.

Baca juga: Runway Bandara Mopah Dihadang Sekelompok Orang, Pesawat Lion Air Putar Balik ke Jayapura

Penghargaan ini tidak hanya memberikan apresiasi kepada arsitek, tetapi juga klien, perajin ahli dan semua pihak yang telah memainkan peran penting dalam realisasi proyek.

bandara banyuwangi
Bandara Banyuwangi. (wikipedia)

Bandara Banyuwangi sendiri terletak di Desa/Kecamatan Blimbingsari dibangun dengan kolaborasi bersama arsitek Andra Matin.

Bandara Banyuwangi menarik perhatian dunia bukan hanya karena desainnya yang mengadopsi bentuk ikat kepala Suku Osing (masyarakat asli Banyuwangi), namun juga bangunannya yang berkonsep hijau dan ramah lingkungan ( green building ).

Konsep unik dari Bandara Banyuwangi ini terlihat dari atap bandara yang ditanami tanaman, konservasi udara dan sunroof yang menjadi sumber cahaya alami pada siang hari.

Atap bangunannya juga menunjukkan pembagian yang jelas antara terminal keberangkatan dan kedatangan.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fahrizal Daulay
Fitri
Fitri

Fitri

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US