Ternyata Ini Arti Garis Merah & Kuning di Fasilitas Umum di Jepang
Garis merah dan kuning yang mudah dijumpai di Jepang (Twitter/@a0s4u0k2a1)
Travel

Ternyata Ini Arti Garis Merah & Kuning di Fasilitas Umum di Jepang

Kamis, 16 Januari 2020 11:54 WIB 16 Januari 2020, 11:54 WIB

INDOZONE.ID - Garis-garis pendek dengan cat warna merah dan kuning, mungkin sering terlihat di berbagai fasilitas publik di negara Jepang. Mulai dari mesin penjual otomatis (vending machine), layar digital di atas jalan-jalan kota, hingga tangga di stasiun kereta di Jepang.

Meski mudah dijumpai dan sering terlihat, ternyata banyak warga Jepang yang tidak tau apa maksud dari garis pendek-pendek berwarna merah dan kuning ini.

Hal ini bermula dari seorang pengguna akun Twitter bernama a0s4u0k2a1. Dalam unggahannya, ia memperlihatkan tanda merah dan kuning yang ada di sebuah stasiun.

“Ini adalah tanda yang ditemukan di stasiun kereta api tertentu. Itu sesuatu yang saya syukuri. Karena saya memiliki strabismus dan astigmatisme, tangga terlihat bengkok bahkan meski ada pegangan. Jika seseorang bersama saya, mereka dapat membantu saya menggunakan tangga, tetapi saya sendiri tidak mungkin melakukannya." tulis a0s4u0k2a1.

"Dengan tanda ini saja, saya bisa menggunakan tangga dengan aman. Jika mereka memilikinya di stasiun-stasiun di seluruh Jepang, bayangkan betapa amannya saya menggunakan tangga. Saya ingin semua orang tahu tentang ini," sambungnya lagi.

Meski jarang disadari, garis pendek-pendek ini ternyata memiliki fungsi yang cukup vital.

garis
ilustrasi garis kuning di fasilitas umum di Jepang (commons.wikimedia.org)

"Tanda ini disebut tanda pengenalan tangga. Bahkan jika penglihatan Anda tidak terganggu, itu bekerja dengan baik bagi mereka yang lelah atau ketika gelap. Saya senang orang sebanyak mungkin mengingat ini." tulis a0s4u0k2a1.

a0s4u0k2a1 kemudian menjelaskan bahwa garis itu dapat membantu mereka yang mengalami gangguan penglihatan. Bagi mereka dengan gangguan penglihatan seperti a0s4u0k2a1, naik tangga bukanlah sesuatu yang buruk. Tapi, ketika menuruni tangga, mereka justu merasa seolah-olah akan jatuh, karena tangga terlihat bengkok.

Bagi penderita gangguan penglihatan, berjalan ke tengah tangga adalah tempat mustahil. Mereka juga merasa memegang pegangan saat menuruni tangga di sisi samping tidak sepenuhnya aman.

Sontak saja unggahan a0s4u0k2a1 ini viral dan mendapat banyak komentar netizen. Karena ternyata, banyak warga Jepang yang tidak tau bahkan tak menyadari keberadaan garis berwarna merah dan kuning itu.

"Saya me-retweet ini karena penting bagi orang untuk tahu." tulis seorang netizen.

"Saya sudah melihat tanda-tanda ini tetapi tidak pernah berpikir dua kali tentang itu. Sekarang saya akan menghargai mereka setiap kali saya berjalan menuruni tangga." komentar seroang netizen.

“Akhirnya saya menemukan untuk apa tanda-tanda ini! Mereka harus menjadikan ini fitur standar di mana-mana.” sambung netizen lainnya.

Banyak netizen yang mengaku bahwa garis pendek-pendek berwarna merah dan kuning ini memiliki peranan penting, terlebih bagi mereka penderita gangguan penglihatan.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Putri
Putri

Putri

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU