The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Mengenal Vanuatu, Negara Kecil di Samudera Pasifik yang Selalu Usik Indonesia soal Papua
Ilustarasi Vanuatu (Google Maps)
Travel

Mengenal Vanuatu, Negara Kecil di Samudera Pasifik yang Selalu Usik Indonesia soal Papua

Senin, 27 September 2021 10:04 WIB 27 September 2021, 10:04 WIB

INDOZONE.ID - Nama Vanuatu kembali menjadi sorotan setelah sang Perdana Menteri Bob Loughman Weibur menuding Indonesia melakukan pelanggaran hak asasi manusia (HAM) di Papua.

Tudingan itu dibantah dengan tegas oleh diplomat muda, Sekretaris Ketiga Perutusan Tetap Republik Indonesia PBB New York, Sindy Nur Fitri.

Sindy menilai tudingan tersebut tidak berdasar dan Vanuatu sedang berusaha membangun citra kepada dunia bahwa negara tersebut peduli terhadap isu-isu HAM.

Padahal kenyataan yang terjadi malah sebaliknya, Vanuatu tidak benar-benar memahami apa yang sedang terjadi di Papua. Dan Vanuatu sudah terlalu jauh mempersoalkan kedaulatan dan mencampuri integritas teritorial negara lainnya.

Mengenal Vanuatu

Vanuatu atau Republik Vanuatu merupakan sebuah negara kepulauan yang berada di Samudera Pasifik bagian selatan. Letak Vanuatu sendiri di sebelah timur Australia, timur laut Kaledonia Baru, barat Fiji dan selatan Kepulauan Solomon.

Awalnya, wilayah tersebut diberi nama La Austrialia del Espíritu Santo saat kedatangan orang Eropa pertama, Fernandes de Queiros dari Portugis bersama armadanya dari Spanyol pada 1606.

Pada 1880, wilayah tersebut jatuh ke tangan Prancis dan Britania Raya. Lalu pada 1906, keddua negara tersebut sepakat untuk membentuk pemerintahan bersama yang diberi nama Hebrides Baru.

Pada 1970, mulai muncul gerakan kemerdekaan hingga akhirnya berdiri negara Republik Vanuatu pada 1980. Sejak resmi berdaulat, Vanuatu bergabung menjadi anggota Perserikatan Bangsa-Bangsa, Persemakmuran Inggris, Francophonie, dan Forum Kepulauan Pasifik.

Vanuatu yang beribukotakan Port Vila ini dihuni oleh bangsa Melanesia dengan kelompok etnik terbesar Ni-Vanuatu yang mengisi hingga 98,5 persen negara itu.

Sementara itu, kekristenan menjadi agama mayoritas yang dianut oleh warganya yang jumlahnya mencapai 93,5 persen.

Bahasa resmi yang digunakan warga Vanuatu, yakni Bislama, Inggris dan Prancis.

Ibu kota: Port Vila
Kemerdekaan: 30 Juli 1980
Bentuk pemerintahan: Negara Kesuatuan Republik Parlementer
Jumlah penduduk: 307.815 jiwa
Indeks pembangunan manusia: 0,597 (rendah)
Mata uang: Vatu Vanuatu
Zona waktu: VUT (UTC+11)

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fahrizal Daulay
Nanda
Nanda

Nanda

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US