The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

4 Fakta Menarik Tentang Afrika Selatan, Negara yang 'Dihukum' Dunia Gegara Varian Omicron
Cape Town, Afrika Selatan (Pixabay)
Travel

4 Fakta Menarik Tentang Afrika Selatan, Negara yang 'Dihukum' Dunia Gegara Varian Omicron

Senin, 29 November 2021 14:03 WIB 29 November 2021, 14:03 WIB

INDOZONE.ID - Afrika Selatan tengah menjadi sorotan publik dunia. Pasalnya, negara itu belum lama ini melaporkan penemuan varian baru dari Covid-19 kepada Badan Kesehatan Dunia (WHO).

Varian baru tersebut bernama B.1.1.529 yang kemudian oleh WHO dinamakan sebagai Omicron. Virus yang diklaim lebih mudah menular dari varian Delta itu kini telah menyebar ke sejumlah negara.

Beberapa negara mengeluarkan peringatan untuk melakukan pembatasan terhadap turis asing dari Afrika Selatan sebagai upaya pencegahan penularan varian Omicron. Gara-gara itu, pemerintah Afrika Selatan mengeluh karena merasa negaranya sedang "dihukum" oleh dunia internasional.

"Sejumlah negara yang melarang penerbangan dari Afrika Selatan menyusul temuan varian Omicron itu sama saja dengan menghukum Afrika Selatan," demikian pernyataan resmi Kementerian Luar Negeri Afrika Selatan.

fakta menarik afrika selatan
Tabel Mountain di Tanjung Harapan, Afrika Selatan (Pixabay)

Afrika Selatan merupakan sebuah negara di selatan benua Afrika yang dikenal sebagai penghasil berlian, emas, dan platinum terbesar di dunia. Hasil bumi tersebut membuat negara itu berkembang menjadi negara maju dengan kekuatan industri yang diperhitungkan.

Negara ini menjadi populer karena pernah menerapkan sistem politik "apartheid" yang sangat diskriminasi. Dalam praktiknya, Afrika Selatan memisahkan-misahkan warganya berdasarkan warna kulit, di mana warga kulit putih mendapat tempat yang sangat istimewa dalam berbagai hal.

Berikut 4 fakta menarik tentang Afrika Selatan

1. Negara paling maju di benua Afrika

fakta menarik afrika selatan
Sebuah sudut jalanan di kota Cape Town, Afrika Selatan (Google Maps)

Afrika Selatan merupakan negara paling maju di benua Afrika dengan penduduk berpendapatan sederhana. Hasil tambang yang diperoleh seperti emas, platinum, dan berlian membuat Afrika Selatan menjadi salah satu kekuatan ekonomi terbesar di dunia.

Selain itu, Afrika Selatan mempunyai sistem keuangan dan infrastruktur yang sangat maju dan modern. Bursa saham di Johannesburg pernah berada dalam 10 besar terbesar di dunia. Hampir seluruh kota-kota di Afrika Selatan terhubung dengan infrastruktur jalan bebas hambatan yang membuat perekonomian negara ini sangat maju.

Sementara itu, industri di Afrika Selatan termasuk yang termaju di Afrika. Lebih dari 40 persen produk industri yang beredar di "Benua Hitam" berasal dari Afrika Selatan.

Adapun produk industri yang diekspor Afrika Selatan di antaranya seperti alat-alat mesin, makanan dan peralatan, bahan kimia, produk petroliam dan peralatan ilmiah.

2. Memiliki banyak populasi warga kulit putih

fakta menarik afrika selatan
Miss Universe 2017, Demi Leigh asal Afrika Selatan (Istimewa)

Afrika Selatan merupakan negara dengan populasi warga kulit putih terbesar di benua Afrika. Warga kulit putih di negara ini merupakan warga keturunan Eropa.

Berdasarkan sensus 2019 lalu, populasi warga kulit putih di negara ini mencapai 4.652.006 jiwa atau sekitar 8,9 persen penduduk Afrika Selatan. Populasi terbesar terkonsentrasi di Johannesburg dan Cape Town.

Warga kulit putih Afrika Selatan menganggap bahwa mereka beda dari kulit putih lainnya. Mereka mengaku sebagai bangsa tersendiri, yaitu Afrikaner yang merupakan keturunan dari pendatang Belanda yang tiba di Afrika Selatan pada abad ke-17 dan ke-18.

Afrikaner menggunakan bahasa tersendiri, yaitu Afrikaans yang diambil dari Bahasa Belanda dialek Holland Selatan.

3. Punya 3 ibu kota

fakta menarik afrika selatan
Kota Pretoria di Afrika Selatan (Pixabay)

Afrika Selatan termasuk negara yang unik karena memiliki tiga ibu kota. Ketika terbentuknya Afrika Selatan pada tahun 1910, negara itu dari empat negara bagian bekas jajahan Inggris, yaitu Transvaal, Natal, Orange Free State dan Cape of Good Hope.

Saat itu, terjadilah perdebatan terkait negara bagian mana yang akan dijadikan pusat pemerintahan. Untuk mencegah terjadinya perpecahan, maka pemerintah memutuskan membagikan kekuasaan menjadi tiga wilayah.

Pada 1997, Presiden Nelson mengesahkan Constitution of  South Africa yang di mana pada bab 4 mengatur tentang pusat pemerintahan yang dibagi ke 3 kota yakni Pretoria, Cape Town dan Bloemfontein.

Ibu kota Pretoria diperuntukkan bagi lembaga eksekutif negara seperti presiden dan menteri di kabinet. Ibu kota Cape Town untuk lembaga legislatif seperti DPR dan DPD. Sedangkan Bloemfontein untuk lembaga yudikatif seperti Mahkamah Konstitusi, Mahkamah Agung dan Komisi Yudisial.

Sementara itu, kota Johannesburg yang paling terkenal bukanlah ibu kota, melainkan hanya kota terbesar dan pusat perekonomian di Afrika Selatan.

4. Pernah jadi tuan rumah Piala Dunia

fakta menarik afrika selatan
Cape Town menjadi salah satu kota yang menyelanggarakan Piala Dunia 2010 (Pixabay)

Afrika Selatan pernah menjadi tuan rumah penyelanggaraan turnamen sepak bola terbesar, Piala Dunia FIFA pada 2010 lalu. Ini menjadi Piala Dunia pertama dalam sejarah yang digelar di benua Afrika.

Saat itu, Piala Dunia digelar pada 11 Juni hingga 11 Juli 2010 atau bertepatan dengan musim dingin di Afrika Selatan.

Ada sebanyak sembilan kota yang menggelar Piala Dunia, yaitu Jonnaesburg, Cape Town, Durban, Pretoria, Port Elizabeth, Polokwane, Nelspruit, Bloemfontein, dan Rustenburg.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Abul Muamar
Nanda
Abul Muamar

Abul Muamar

Editor
Nanda

Nanda

Writer
JOIN US
JOIN US