The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Berendam di Laut dan Pasir Pantai Ini Dipercaya Bisa Sembuhkan Penyakit, Benarkah?
Seorang ibu melakukan terapi pasir (Nurakhmawati/Z Creators)
Travel

Berendam di Laut dan Pasir Pantai Ini Dipercaya Bisa Sembuhkan Penyakit, Benarkah?

Kamis, 07 Juli 2022 12:03 WIB 07 Juli 2022, 12:03 WIB

INDOZONE.ID - Pantai Pulo Kodok di Kota Tegal, Jawa Tengah, bukan cuma jadi destinasi wisata. Banyak yang sengaja datang ke sini untuk menyembuhkan penyakit. Mereka percaya, penyakit seperti stroke, pegal-pegal, asam urat dan gatal-gatal akan hilang jika berendam di air laut dan pasir Pantai Pulo Kodok.

pantai pulo kodok
Ikon Pantai Pulo Kodok (Nurakhmawati/Z Creators)

Kasiran, pengurus Pokdarwis Pantai Pulo Kodok mengatakan, air laut di pantai ini mengandung kadar garam tinggi. Hal ini dipercaya oleh warga bisa digunakan sebagai terapi penyakit.

“Caranya dengan mandi dan berendam dalam air laut, kemudian berendam dalam pasir selama lima menit, kemudian mandi dan berendam lagi dalam air laut dan pasir.” tuturnya.

Dari sekian banyak pengunjung yang melakukan terapi di sini, banyak yang mengaku cocok. Penyakitnya sembuh dan bertambah lebih baik.

pantai pulo kodok
Dilengkapi gazebo nyaman (Nurakhmawati/Z Creators)

Seperti Sobri, pengunjung asal Debong Tengah, Kota Tegal yang menderita asam urat. Setelah terapi dengan berendam pasir, kakinya menjadi lebih baik, sakit di persendian juga berkurang.

“Saya tahu tempat terapi ini ya dari teman dan tetangga sekitar, kalau terapi di sini bisa sembuh penyakitnya,” katanya.

Hal senada disampaikan oleh Gunawan, pengunjung asal Desa Pekiringan. Pria ini sudah dua tahun menderita stroke. Dirinya mengaku rutin melakukan terapi berendam di air laut dan pasir.

“Saya rutin melakukan terapi ini tiga sampai empat kali. Kaki menjadi lebih enteng dan  bisa digerakkan, tidak terasa berat dan kaku,” terangnya.

Pantai yang berada di Kelurahan Panggung, Kecamatan Tegal Timur, Kota Tegal ini dulunya adalah tambak tempat pemancingan ikan. Di tempat ini juga ditemukan banyak kodok, inilah alasan mengapa kemudian pantai ini dinamakan Pantai Pulo Kodok.

Hanya dengan membayar tiket masuk sebesar Rp3 ribu per orang, kamu bisa menikmati keindahan alam di pantai ini.

Ada berbagai fasilitas di sini, di antaranya kamar mandi bilas, gazebo, tempat karaoke, dan spot-spot untuk swafoto. Di sepanjang pinggir pantai juga berjejer warung-warung yang menjual beragam makanan dan minuman dengan harga terjangkau.

Bikin cerita serumu dan dapatkan berbagai reward menarik! Let’s join Z Creators dengan klik di sini.

Z Creators
Z Creators

TAG
Rini Puspita
Nurakhmawati
Nurakhmawati

Nurakhmawati

Community Writer
TERKAIT DENGAN INI

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US