Ingat! Jangan Sembarangan Pakai Wi-Fi Gratisan Saat Traveling
Pexels/PC
Travel

Ingat! Jangan Sembarangan Pakai Wi-Fi Gratisan Saat Traveling

Jumat, 20 Desember 2019 14:01 WIB 20 Desember 2019, 14:01 WIB

INDOZONE.ID - Kehadiran Wi-Fi gratis memang sangat disenangi oleh para traveler. Dengan begitu, traveler bisa menghemat kuota atau malah tidak perlu membeli paket data pada saat traveling ke suatu kota.

Namun ternyata, memakai Wi-Fi gratisan secara sembarang justru berbahaya, lho! Pada saat traveling, sebenarnya kamu tidak disarankan untuk melulu menggunakan Wi-Fi secara gratis. Nah kira-kira, kenapa ya?

Jadi, seperti diintip Indozone dari laman USAToday, Wi-Fi gratis yang berada di ruang publik sebenarnya memiliki risiko. Dengan sangat terbukanya akses data dari berbagai perangkat, maka terbuka juga potensi-potensi kejahatan yang bisa masuk lalu mengakses data dan informasi pribadi dari si pengguna Wi-Fi.

"Dan kamu mungkin saja menduga sedang masuk ke jaringan resmi seperti 'Wi-Fi Bandara Miami', padahal nyatanya itu merupakan jaringan palsu (rogue) yang dibuat oleh orang lain yang lokasinya berdekatan, dan ingin mendulang akses informasi traveler," dikutip dari USAToday

"Selain itu, penyedia Wi-Fi gratisan juga bisa (dan seringnya) mengoleksi dan menjual data mengenai kebiasaan-kebiasaan dirimu dalam melakukan browsing."

Tapi apakah Wi-Fi berbayar yang hanya bisa diakses dengan memasukkan kata sandi sudah pasti aman? Hal itu belum tentu, sebab, kata sandi yang diberikan oleh pihak penyedia Wi-Fi sangat mudah diberikan dan diakses oleh siapa saja.

Jadi solusinya adalah traveler diharuskan menggunakan koneksi data selular dari ponsel sendiri atau bisa juga dengan membawa perangkat mobile Wi-Fi pribadi.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Nanda
Nanda

Nanda

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU