Sempat Kontroversi, Ini 5 Fakta Masjid Al-Safar Rancangan Ridwan Kamil
Instagram/khemalm
Travel

Sempat Kontroversi, Ini 5 Fakta Masjid Al-Safar Rancangan Ridwan Kamil

Sabtu, 30 November 2019 11:13 WIB 30 November 2019, 11:13 WIB

INDOZONE.ID - Masjid Al-Safar yang berada di rest area KM 88 Tol Cipularang, Bandung, Jawa Barat sempat menjadi kontroversi karena desain mihrab yang dianggap mirip simbol iluminati.

Seperti diketahui, Masjid Al-Safar didesain oleh Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil. Masjid ini memiliki luas yang mencapai 6.000 meter persegi dan dapat berkapasitas 1.200 jamaah.

Sebenarnya, Ridwan Kamil sendiri terinspirasi dari topi adat Sunda dalam mendesain mihrab atau pun bangunan masjid secara keseluruhan. Namun sayangnya, desain itu disalahartikan dan dianggap memiliki makna lain.

masjid al safar ridwan kamil
Instagram/bobho10

Terlepas dari kontroversi yang ada, berikut 5 fakta mengenai Masjid Al-Safar yang #KAMUHARUSTAU.

Sebuah ikon di rest area

Karena desain bangunan masjid yang terbilang cukup unik, maka Masjid Al-Safar diharapkan dapat menjadi bangunan ikon di kawasan rest area KM 88 B Tol Cipularang. Karena sesuai dengan namanya, Al-safar yang berarti adalah perjalanan.

Folding arsitektur

Islam mengenal seni, namun seni dalam Islam tidak memperlihatkan bentuk makhluk hidup. Seni itu bisa dikembangkan dengan rumus geometri. Untuk masjid ini, metode yang digunakan adalah teori lipat folding arsitektur untuk mengembangkan geometri-geometri baru.

Masjid terbesar di rest area

Setelah diresmikan oleh Jasa Marga, Masjid Al-Safar menjadi bangunan masjid terbesar di rest area tol se-Indonesia.

Simbol iluminati

Bentuk segitiga pada bagian desain mihrab masjid dinilai mirip dengan 'all seeing eye' atau mata satu yang identik dengan simbol iluminati. Padahal, desain tersebut terinspirasi dari topi tradisional sunda.

Karya dari Ridwan Kamil

Masjid Al-Safar didesain oleh Ridwan Kamil, yang merupakan ahli bidang arsitektur lulusan Magister of Urban Design di University of California, Berkeley, AS.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Nanda
Nanda

Nanda

Editor

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU