The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Pantai Cantik Ini Tak Berpasir dan Sering Mengeluarkan Bunyi 'Aneh'!
Pantai tak berpasir (Hasan Syamsuri/IDZ Creators)
Travel

Pantai Cantik Ini Tak Berpasir dan Sering Mengeluarkan Bunyi 'Aneh'!

Sabtu, 28 Mei 2022 18:08 WIB 28 Mei 2022, 18:08 WIB

INDOZONE.ID - Berada di pesisir selatan Jawa Timur, Kabupaten Tulungagung menyimpan wisata pantai yang cukup melimpah. Meski kurang populer dibanding pantai-pantai lain di Jawa Timur, keindahan pantai di Kabupaten Tulungagung enggak kalah dengan pantai di daerah lainnya.

Karena itu belum lengkap rasanya kalau berwisata ke Kabupaten Tulungagung tanpa berkunjung ke destinasi wisata pantainya yang memiliki panorama alam yang eksotis. Salah satunya adalah Pantai Klatak di jalan Pantai Waru Doyong, Desa Keboireng, Kecamatan Besuki.

pantai klatak
Pantai Klatak tak berpasir tapi sangat indah (Hasan Syamsuri/IDZ Creators)

Pantai Klatak merupakan pantai yang menawarkan keindahan alam yang masih alami. Pantai ini terlihat istimewa karena banyak bebatuan yang tertata rapi di bibir pantai. Uniknya, batu-batu yang terlihat bersih itu bukan batu karang melainkan bebatuan yang biasa ada di sungai-sungai.

pantai klatak
Pantai Klatak dipenuhi bebatuan sungai (Hasan Syamsuri/IDZ Creators)

Uniknya lagi, saat dihantam ombak, batu-batu kecil yang saling berbenturan akan menghasilkan bunyi klatak-klatak. Hal ini akan terus berulang saat ombak kembali menyambangi pantai. Konon menurut warga setempat, dari bunyi itulah nama Pantai Klatak diambil.

Pantai Klatak memiliki ombak yang tenang sehingga dapat membuat jiwa yang berada di sana menjadi tenang pula. Karena itu pantai ini cocok untuk healing. Setidaknya di pantai ini banyak wisatawan yang terlihat menggelar tikar sambil makan dan bersantai bersama keluarga.

pantai klatak
Banyak dikunjungi keluarga yang piknik di pinggir pantai (Hasan Syamsuri/IDZ Creators)

Apalagi gunung-gunung yang berada jauh dari bibir pantai juga membuat udara di pantai ini semakin terasa sejuk. Oh ya, di sini wisatawan juga boleh naik perahu milik para nelayan agar bisa berkeliling di sekitar pantai. Tarifnya hanya Rp20 ribu per orang.

Bagi para penyuka ikan tuna, di sini banyak warga lokal yang menjualnya. Baik yang sudah dimasak atau siap makan, maupun yang masih diasap saja sehingga bisa dibawa pulang untuk oleh-oleh keluarga di rumah.

pantai klatak
Bisa makan ikan segar di pinggir pantai (Hasan Syamsuri/IDZ Creators)

Lokasi Pantai Klatak sebenarnya masih satu garis pantai dengan Pantai Gemah yang sudah lebih dulu populer. Sampai saat ini, Pantai Klatak masih terus dikembangkan. Selain menyasar rombongan keluarga, pantai ini juga menyasar komunitas otomotif, baik Jip maupun Trail.

Untuk menuju Pantai Klatak, jaraknya sekitar 40 kilometer dari Alun-alun Tulungagung. Jika datang saat musim liburan harga tiketnya Rp10 ribu per orang, tapi di hari biasa cukup Rp5 ribu saja.

Pantai Klatak buka setiap hari mulai pukul 6.00-18.00 WIB.

Bikin cerita serumu dan dapatkan berbagai reward menarik! Let’s join IDZ Creators dengan klik di sini.

IDZ Creators
IDZ Creators

TAG
Rini Puspita
Hasan Syamsuri
Hasan Syamsuri

Hasan Syamsuri

Community Writer
JOIN US
JOIN US