The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Jadi Kekuatan Pariwisata Indonesia, Ini 5 Desa Wisata Tercantik yang Wajib Dikunjungi
Desa Wisata Tetebatu, Lombok Timur (NTB) (Instagram/ealtatour)
Travel

Jadi Kekuatan Pariwisata Indonesia, Ini 5 Desa Wisata Tercantik yang Wajib Dikunjungi

Senin, 13 Juni 2022 12:58 WIB 13 Juni 2022, 12:58 WIB

INDOZONE.ID - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) mengakui saat ini kekuatan pariwisata Indonesia berada di pedesaan.

Hal ini sejalan dengan gencarnya pembangunan pariwisata desa yang dilakukan Kemenparekraf.

"Kekuatan pariwisata saat ini berada di wilayah pedesaan, sehingga hal paling mendasar dan diperlukan dalam mewujudkan pariwisata berkualitas adalah standar pelayanan sebagai tuan rumah," kata Pelaksana Tugas (Plt) Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Infrastruktur Kementerian, Frans Teguh, seperti dikutip dari ANTARA, Senin (13/6/2022).

Memang ini juga bukan tanpa sebab, pasalnya keindahan alam dan keberagaman budaya di desa sangat layak untuk dipamerkan.

Desa-desa di Indonesia punya karakteristik yang cukup unik sehingga sangat cocok untuk dijadikan tujuan wisata. 

Nah mengutip dari Travelwego, saat ini ada beberapa desa wisata yang sangat layak kamu kunjungi.

Desa-desa ini menyimpan keindahan alam yang luar bisa. Penasan di mana saja lokasinya? Yuk langsung simak rangkumannya berikut ini. 

1. Penglipuran, Bali

desa wisata tercantik
Bangunan pemukiman warga di Desa Penglipuran (Shutterstock.com)

Keindahan Bali tidak berhenti di pantainya saja. Desa Wisata Penglipuran di Bali juga sangat indah dengan keunikan budayanya. 

Dijuluki ‘Traditional Balinese Village’, desa yang berada pada ketinggian 600-700 meter di atas permukaan laut ini terkenal berkat arsitektur perumahan penduduknya yang asri dan kesejukan udaranya.

Di desa ini kamu bisa belajar banyak hal tentang filosofi dan kebudayaan Bali. Masyarakat di sini sangat ramah dan terbuka kepada wisatawan. Bagaimana tertarik berkunjung ke desa cantik ini?        

2. Desa Wisata Batulayang, Bogor

desa wisata tercantik
Tenda untuk menginap di kawasan Batulayang (Shutterstock.com)

Desa Wisata Batulayang yang berada di Bogor sangat cocok menjadi destinasi liburan. Di sini kamu bisa menikmati pemandangan alam yang menawan dengan fasilitas wisata yang lengkap, seperti camping ground, outbound hingga homestay.

Kamu juga bisa mengikuti edukasi budaya seperti membatik dengan pewarna alami, seni budaya Jaipong hingga edukasi sampah.

Baca juga: Menakjubkan! Inilah 4 Pantai Terindah di Indonesia, View-nya Bak Serpihan Surga

Perlu kamu ketahui, desa ini sendiri sudah mendapatkan gelar desa wisata berkelanjutan dari Menteri Pariwisata Ekonomi Kreatif. 

Cukup dengan menempuh perjalanan selama setengah jam dari Bogor, kamu pun sudah dapat menikmati keindahan dan keseruan Desa Wisata Batulayang di Cisarua Bogor.

3. Osing Kemiren, Banyuwangi

 desa wisata tercantik
Rumah tradisional Suku Osing (Shutterstock.com)

Desa Kemiren di Banyuwangi merupakan tempat tinggal bagi masyarakat suku Osing, yakni suku asli Banyuwangi pemeluk agama Hindu Blambangan.

Di desa ini, kamu bisa menikmati tarian khas Suku Osing, yaitu Tari Gandrung Pesona yang biasanya dimainkan di Sanggar Genjah Arum. 

Tak hanya itu, kamu pun bisa menemukan Angklung Paglak setinggi 10 meter yang terbuat dari bambu di sini. 

4. Desa Wisata Nglanggeran, Gunung Kidul (DIY)

desa wisata tercantik
Desa Wisata Nglanggeran, Gunung Kidul (DIY) (Instagram/bumdeskita.id)

Kamu wajib berkunjung ke desa wisata ini. Pasalnya desa yang berada di Gunung Kidul, Yogyakarta ini telah dinobatkan Organisasi Pariwisata Dunia atau United Nation World Tourism Organization (UNWTO) sebagai salah satu Desa Wisata Terbaik Dunia 2021.

Di sini terdapat puluhan homestay untuk menginap, yang akan memberikan pengalaman seru untukmu merasakan suasana pedesaan dan tinggal bersama penduduk setempat.

Kamu juga bisa belajar aneka hal di sini, mulai dari flora dan fauna, mengolah cokelat yang jadi oleh-oleh khas, membatik hingga unggah-ungguh.

5. Desa Wisata Tetebatu, Lombok Timur (NTB)

desa wisata tercantik
Desa Wisata Tetebatu, Lombok Timur (NTB) (Instagram/lesriziereslombok)

Desa wisata ini berada di kawasan lembah gunung Rinjani. Suasananya sejuk dan menyenangkan, bahkan tempat ini dijuluki Ubud versi pulau Lombok.

Di sini kamu bisa jalan-jalan santai di sekitar kaki gunung Rinjani sambil menikmati keindahan pemandangan Gunung Sangkareang dan Gunung Rinjani.

Terdapat pula air terjun Sarang Walet atau Bat Cave yang bisa ditempuk dengan cara berjalan kaki selama 15 menit.

Bila ingin merasakan pengalaman lain, kamu juga bisa mengunjungi Hutan Monyet dengan melihat monyet hitam endemik asli Tetebatu.

Wisata eco farm juga ditawarkan di desa wisata ini, termasuk melihat proses pembuatan kopi dan minyak kelapa.


Artikel Menarik Lainnya

TAG
Fahrizal Daulay
Anisa Rizwani

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US