The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Viral Wisatawan Ungkap Kondisi Miris Istana Maimun Medan, Keluarga Sultan Deli Buka Suara
Kiri: Istana Maimun (Istimewa) | Kanan: Kondisi Istana Maimun (Twitter/@mwv_mystic)
Travel

Viral Wisatawan Ungkap Kondisi Miris Istana Maimun Medan, Keluarga Sultan Deli Buka Suara

Sabtu, 09 Oktober 2021 14:51 WIB 09 Oktober 2021, 14:51 WIB

INDOZONE.ID - Keluarga Kesultanan Deli buka suara terkait unggahan wisatawan yang mengungkapkan kondisi miris Istana Maimun di Medan, Sumut yang baru-baru ini beredar di media sosial.

Seperti diketahui, wisatawan itu mengungkapkan di dalam bangunan cagar budaya tersebut banyak terdapat pedagang yang menjual souvenir dan jasa sewa kostum. Selain itu, banyak barang peninggalan yang berdebu dan tidak terawat.

Baca Juga: Wisatawan Ungkap Kondisi Miris Istana Maimun Medan, Barang Berdebu dan Ada Jemuran Kain

Salah seorang pihak keluarga Kesultanan Deli, Tengku Murchrizad mengatakan Yayasan Sultan Ma'moen Al Rasyid selaku pengelola dan pengurus Istana Maimun saat ini belum mampu mengatasi kondisi tersebut.

"Saya tidak setuju, tapi pengurusnya belum mampu untuk mengatasi hal tersebut," kata pria yang akrab disapa Icad itu kepada Indozone, Sabtu (9/10/2021).

Icad mengungkapkan sebenarnya keluarga Kesultanan Deli sudah lama mengingatkan kepada pengurus Istana Maimun terkait kondisi tersebut. Namun hingga saat ini belum ada perubahan.

"Sudah lama," kata dia.

Bahkan, kata Icad, pedagang yang berada di dalam Istana Maimun merupakan keluarga dari pengurus istana itu sendiri. Namun sayangnya, mereka tidak menjaga dan melestarikan Istana Maimun.

"Yang berjualan juga keluarga sendiri yang mengatasnamakan hak mereka sebagai ahli waris tapi lupa akan kewajibannya untuk melestarikan dan menjaga Istana Maimun," beber dia.

istana maimun
Bagian luar Istana Maimun (Twitter/@mwv_mystic)

Untuk itu, Icad mengatakan pihak keluarga Kesultanan Deli akan meminta Yayasan Sultan Ma'moen Al Rasyid  segera mengatasi hal tersebut menyusul viralnya unggahan wisatawan yang mengeluhkan kondisi Istana Maimun.

"Sepertinya kelaurga akan minta Yayasan Sultan Ma'moen Al Rasyid sebagai pengelola dan pengurus istana Maimun untuk mengatasi hal itu," pungkas dia.

istana maimun
(Twitter/@mwv_mystic)

Sebelumnya, seorang wisatawan pemilik akun Twitter @mwv_mystic mengungkapkan kondisi miris Istana Maimun melalui sebuah utasan yang diunggahnya beberapa waktu lalu.

Awalnya, dia mengira di dalam Istana Maimun dia akan diperlihatkan oleh foto-foto para Sultan Deli terdahulu atau barang-barang peninggalan Kesultan Deli yang masih bersisa.

Dia membayangkan Istana Maimun itu persis seperti Ulen Sentalu Museum yang berada di Yogyakarta.

Perkiraan itu ternyata salah. Dia justru mendapati ada banyak orang-orang yang berjualan souvenir dan layanan jasa sewa kostum adat di dalam istana tersebut.

Selain kurangnya pameran peninggalan bersejarah, hampir seluruh barang di dalam Istana Maimun dalam kondisi berdebu dan tidak terawat.

Bahkan, kondisi lebih parah ditemukannya di luar istana tersebut. Dia mendapati ada banyak barang-barang yang tak terduga yang seharusnya tidak ada di dalam sebuah kompleks cagar budaya.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Abul Muamar
Nanda
Abul Muamar

Abul Muamar

Editor
Nanda

Nanda

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US