The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Ingin Merasakan Serunya Perayaan Imlek? Ayo Datang ke Pulau Ini
Pagoda di tengah pulau (Dada Sabra Sathilla/IDZ Creators)
Travel

Ingin Merasakan Serunya Perayaan Imlek? Ayo Datang ke Pulau Ini

Sabtu, 29 Januari 2022 10:05 WIB 29 Januari 2022, 10:05 WIB

INDOZONE.ID - Meriahnya perayaan Imlek, enggak cuma bisa dirasakan di Singkawang, Kalimantan Barat. Kalau mau merasakan serunya perayaan Tahun Baru China tersebut, kamu bisa datang ke Pulau Kemaro, di sebelah timur Kota Palembang.

Pulau yang identik dengan pagoda di tengahnya ini bahkan ramai dikunjungi wisatawan mancanegara selama perayaan Imlek dan Cap Go Meh. 

pulau kemaro
Pagoda besar di tengah Pulau Kemaro (Dada Sabra Sathilla/IDZ Creators)

Palembang merupakan salah satu kota di Indonesia yang punya sejarah Tionghoa. Pada abad ke-13 saat Majapahit berkuasa, Palembang dipimpin oleh seorang Tionghoa muslim, Shi Jinqing, bawahan Laksamana Zheng He (Cheng Ho). Budaya Tionghoa pun lestari sampai sekarang.

Salah satu pusat perayaan tahun baru Imlek di Palembang adalah pulau Kemaro. Pulau kecil di tengah sungai Musi ini biasanya ramai dengan perayaan Imlek,  ibadah serta penerbangan lampion. Selain imlek, pulau Kemaro juga sering dikunjungi warga sekaligus turis saat Cap Go Meh, yang dirayakan pada hari ke 15 bulan purnama. 

pulau kemaro
Pulau Kemaro ramai saat Imlek dan Cap Go Meh (Dada Sabra Sathilla/IDZ Creators)

Enggak cuma ramai saat perayaan Imlek dan Cap Go Meh, Pulau Kemaro juga telah menjadi ikon pariwisata Palembang. Turis domestik maupun mancanegara kerap berkunjung ke sana untuk wisata.

Selain ke Pagoda Kemaro, wisatawan biasanya mampir ke kuil Hok Tjiang Rio dan makam legendaris pangeran Cina Tan Bun An dan Siti Fatimah. Menurut legenda, Pulau Kemaro tercipta saat pasangan ini meninggal dunia.

pulau kemaro
Pulau Kemaro, tujuan wisata turis lokal dan mancanegara (Dada Sabra Sathilla/IDZ Creators)

Untuk mengunjungi Pulau Kemaro, kamu harus naik perahu dari Jembatan Ampera. Siapkan kocek Rp200 ribu untuk sewa perahu yang akan mengantarmu ke Pulau Kemaro dan kembali ke jembatan Ampera selama 30 menit. 

pulau kemaro
Sewa perahu untuk sampai ke Pulau Kemaro (Dada Sabra Sathilla/IDZ Creators)

Bikin cerita serumu dan dapatkan berbagai reward menarik! Let’s join IDZ Creators dengan klik di sini 

IDZ Creators
IDZ Creators

TAG
Rini Puspita
Dada Sabra Sathilla
Dada Sabra Sathilla

Dada Sabra Sathilla

Community Writer
JOIN US
JOIN US