The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Fakta Batu Kutukan Malin Kundang di Pantai Air Manis, Benarkah Sosok Anak Durhaka?
Batu Malin Kundang yang fenomenal (Rivo Wijaya/Z Creators)
Travel

Fakta Batu Kutukan Malin Kundang di Pantai Air Manis, Benarkah Sosok Anak Durhaka?

Rabu, 06 Juli 2022 13:44 WIB 06 Juli 2022, 13:44 WIB

INDOZONE.ID - Batu Malin Kundang adalah sebuah obyek wisata yang berada di Pantai Air Manis, Kota Padang, Sumatera Barat.

Batu Malin Kundang sering dikaitkan sama legenda lokal yang bercerita tentang anak durhaka yang dikutuk menjadi batu oleh ibu kandungnya.

Dalam legenda, konon ibu Malin Kundang mengutuk Malin menjadi batu karena ia menolak untuk mengakui ibunya setelah merantau lama di daerah lain dan sukses menjadi orang yang kaya raya.

batu malin kundang
Bentuk batu seperti orang bersujud (Rivo Wijaya/Z Creators)

Bentuk batu yang menyerupai orang sedang bersujud itu bisa kamu temukan di tepi Pantai Air Manis. Batu unik ini menarik wisatawan untuk datang dan melihatnya.

Ada beberapa versi terkait Batu Malin Kundang. Ada yang berpendapat bahwa ini adalah batu kutukan seperti kisah rakyat. Ada pula sumber yang menyebutkan bahwa relief batu Malin Kundang di Pantai Air Manis merupakan buatan Dasril Bayras dan Ibenzani Usman.

Kedua sosok tersebut membuat relief batu Malin Kundang berdasar legenda rakyat.

pantai air manis
Pantai Air Manis destinasi wisata murah meriah di Padang (Rivo Wijaya/Z Creators)

Di balik legendanya, Pantai Air Manis sering dikunjungi karena punya sejumlah fasilitas dan permainan air seperti banana dan donut boat, tetski dan ATV. Untuk harga sewanya sendiri, banana dan donut boat hanya Rp30 ribu per orang, jetski Rp35 ribu per orang, dan ATV Rp50 ribu per 30 menit.

pantai air manis
Serunya bermain ATV di Pantai Air Manis (Rivo Wijaya/Z Creators)

Enggak itu saja, bahkan di Pantai Air Manis juga terdapat sebuah pulau kecil bernama Pulau Pisang seluas 1 hektare. Kamu bisa mampir ke pulau tersebut dari pagi hingga sore hari dengan berjalan kaki melalui air dangkal.

pantai air manis
Panorama senja di Pantai Air Manis (Rivo Wijaya/Z Creators)

Pantai Air Manis bisa kamu kunjungi dengan membayar tiket masuk Rp10 ribu untuk dewasa, Rp5 ribu untuk anak-anak dan Rp5 ribu untuk tiket parkir mobil. Sementara untuk motor siapkan Rp3 ribu untuk tiket parkirnya.

Bikin cerita serumu dan dapatkan berbagai reward menarik! Let’s join Z Creators dengan klik di sini.

Z Creators
Z Creators

TAG
Rini Puspita
Rivo Wijaya
Rivo Wijaya

Rivo Wijaya

Community Writer
JOIN US
JOIN US