The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Studi Penelitian: 5 Tahun Lagi, Hutan Amazon Berubah Menjadi Sabana
Hutan Amazon. (photo/Dok. Wikipedia)
Travel

Studi Penelitian: 5 Tahun Lagi, Hutan Amazon Berubah Menjadi Sabana

Senin, 13 Desember 2021 13:02 WIB 13 Desember 2021, 13:02 WIB

INDOZONE.ID - Setiap negara pasti mempunyai satu tempat wisata ikonik, seperti Prancis yang ikonik dengan Menara Eiffel hingga dengan Indonesia yang terkenal dengan Monas yang berada di Jakarta. Hal ini juga berlaku kepada Brazil, yang ikonik dengan hutan Amazon. 

Baru-baru ini, terdapat satu studi berupa prediksi yang dilakukan peneliti soal hutan hujan Amazon. Di mana, mereka mengatakan bahwa hutan hujan itu akan segera punah. Melansir Futurism, hutan Amazon yang berada di Brazil dilaporkan akan berubah jadi sabana atau padang rumput dalam tempo singkat, yaitu 5 tahun yang akan datang. 

Ini diungkapkan peneliti iklim berpengalaman di Brazilian National Institute for Space Research yaitu Luciana Gatti. Dia mengatakan hutan Amazon tengah berada dalam ancaman bencana lingkungan total. Melihat hal itu, dia memberikan komentarnya. 

"Hutan Amazon ini akan segera kolaps. Kita memang sudah berada dalam sebuah situasi darurat maka kita harus beraksi sekarang juga. Ini merupakan sebuah mimpi buruk," ungkapnya dalam sebuah pernyataan. 

Mereka melaporkan identifikasi beberapa faktor yang membuat hutan Amazon kolaps untuk waktu singkat. Yang menjadi pemicu utama adalah menaiknya suhu udara global dikarenakan fenomena perubahan iklim dan penebangan di hutan Amazon. 

Melihat hal itu, ilmuwan pun menyarankan untuk melakukan aksi untuk mencegah terjadinya hal itu, salah satunya adalah dengan melakukan penanaman pohon kembali. Gimana guys menurut kamu dengan penelitian yang satu ini? Tulis pendapat kamu di kolom komentar ya guys!

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fernando Sutanto
JOIN US
JOIN US