The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Kebun Binatang Ini Melakukan Vaksinasi pada Harimau Hingga Beruang, Untuk Apa?
Harimau. (photo/Ilustrasi/Pexels/Pixabay)
Travel

Kebun Binatang Ini Melakukan Vaksinasi pada Harimau Hingga Beruang, Untuk Apa?

Jumat, 09 Juli 2021 14:17 WIB 09 Juli 2021, 14:17 WIB

INDOZONE.ID - Tidak hanya manusia, hewan juga dapatkan vaksinasi COVID-19. Kebun binatang Oakland dilaporkan memvaksin beruang hingga singa. Melansir Travel and Leisure, Kebun Binatang Okaland telah memberikan vaksin pada beberapa hewan. Vaksin eksperimental baru itu diformulasikan khusus untuk hewan. 

Hewan pertama di kebun binatang itu yang menerima vaksinasi  adalah 2 harimau yang bernama Ginger dan Molly. Rupanya, hewan ini sangat rentan tertular COVID-19. Sejuah ini, kebun binatang Oakland telah memberikan vaksin harimau, beruang grizzly, beruang hitam, singa gunung dan musang untuk melawan penyakit itu. Vaksin sendiri merupakan pencegahan, meskipun sampai saat ini belum ada hewan yang terinfeksi COVID-19.

"Ada kasus nyata hewan menjadi sakit ringan, sakit parah atau bahkan mati. Itulah mengapa kami sangat proaktif," kata Alex Herman, wakil presiden layanan veteriner di Kebun Binatang Oakland, kepada San Francisco Chronicle.

Selain itu, pemberian vaksin COVID-19 kepada satwa-satwa itu dikarenakan banyak hewan di kebun binatang Oakland yang adalah spesies terancam punah. Kebun binatang itu dilaporkan juga akan memvaksin simpanse, singa, dan 2 hyena. Sebanyak 110 hewan nantinya akan menerima vaksinasi. 

Vaksin yang diberikan pada hewan itu dikembangkan oleh Zoetis, sebuah perusahaan kesehatan hewan yang sumbangkan lebih dari 11.000 dosis vaksin hampir ke 70 kebun binatang dan organisasi lain, seperti dengan Cagar Alam dan Konservatori di 27 negara bagian berbeda. 

Menurut dr Alex, bagi hewan di Kebun Binatang Oakland, vaksin COVID-19 sama seperti vaksinasi lainnya. Hewan-hewan terbiasa mendapatkan perawatan pencegahan seperti vaksin dan dilatih secara sukarela berpartisipasi dalam perawatan medis mereka. Misalnya saja, selama perawatan, harimau terima susu kambing yang disemprotkan ke dalam mulut mereka. 

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fernando Sutanto
TERKAIT DENGAN INI

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US