The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

4 Tempat Menarik yang Wajib Dikunjungi kalau ke Jaisalmer, Kota Gurun Pasir di India
Pemandangan Kota Jaisalmer di India. (Z Creators/Fabiola Lawalata)
Travel

4 Tempat Menarik yang Wajib Dikunjungi kalau ke Jaisalmer, Kota Gurun Pasir di India

Selasa, 29 November 2022 14:07 WIB 29 November 2022, 14:07 WIB

INDOZONE.ID - India menjadi salah satu negeri yang eksotis, kaya dengan budaya dan punya bangunan yang memukau. Salah satu kota yang digemari oleh turis asing saat berkunjung ke India adalah Jaisalmer yang terletak di Provinsi Rajasthan. 

Dikelilingi oleh Padang Pasir Thar, membuat Jaisalmer menjadi kota yang tepat untuk berkendara dengan unta sambil mengelilingi indahnya gurun keemasan. 

Ada banyak hal menarik lainnya tentang kota gurun ini loh. Berikut empat hal menarik tentang Jaisalmer yang wajib kamu ketahui.

1. Benteng Jaisalmer

benteng jaisalmer
Benteng Jaisalmer di India. (Z Creators/Fabiola Lawalata)

Meski dikelilingi oleh padang pasir, pusat kotanya pun enggak kalah eksotis. Disebut sebagai Golden City, semua rumah dan bangunan di sini berwarna cokelat tanah yang akan berubah keemasan saat terkena sinar matahari.  

Jaisalmer Fort menjadi ikon dari pusat kota ini. Lokasi bentengnya terletak di atas bukit Trikuta yang ada di tengah kota, sehingga bisa terlihat dari segala titik penjuru. 

Jaisalmer Fort adalah satu-satunya benteng di Provinsi Rajasthan yang di dalamnya masih ada kehidupan dan merupakan lokasi di mana penduduk bertempat tinggal. Jadi, wisatawan bisa berinteraksi dengan mereka.

Mata pencaharian penduduk lokal rata-rata yang berhubungan dengan pariwisata, mulai dari pemandu wisata, peternak unta, pemilik guest house, sampai dengan toko suvenir. 

2. Patwa Haveli

patwa haveli
Patwa Haveli. (Z Creators/Fabiola Lawalata)

Rajasthan terkenal akan kekayaan budaya dan seni arsitektur yang unik dan rumit. Hal ini jadi salah satu alasan mengapa Jaisalmer punya tempat khusus di hati para wisatawan. Menyusuri rumah-rumah penduduk dengan melewati lorong-lorong kecil, akan membawa kamu ke Patwa Haveli.

Haveli adalah sebuah rumah besar para bangsawan zaman dulu yang hampir setiap sudut bangunannya dipenuhi dengan ukiran yang indah. Patwa Haveli yang terletak di jalan sempit ini, merupakan salah satu yang tertua dan terbaik yang dimiliki oleh Jaisalmer.

3. Maharaja Palace

patwa haveli
Salah satu facade di Patwa Haveli. (Z Creators/Fabiola Lawalata)

Maharaja Palace atau istana raja terletak di jantung utama benteng Jaisalmer. Istana bertingkat tujuh ini dibuat dengan lengkungan batu berukir. Jika dilihat dari luar, akan tampak beberapa balkon dengan jendela ukuran kecil. 

Menurut cerita dari orang lokal, balkon dengan ukuran besar adalah untuk sang raja ketika beliau memberikan titah, sedangkan jendela-jendela kecil di sekelilingnya adalah untuk sang istri raja yang hanya diperbolehkan melihat keluar istana melalui jendela kecil ini.

4. Tarian Tradisional Rajasthan, Ghoomar Dance, dan Kathputli Dance

jaisalmer
Tari-tarian di Jaisalmer, India. (Z Creators/Fabiola Lawalata)

Enggak lengkap berkunjung ke India tanpa menyaksikan tarian khasnya yang sudah terkenal di dunia. Penari-penari wanita dengan lincah mengenakan pakaian berwarna-warni serta bordir keemasan. 

Menyeimbangkan pot kuningan yang diletakkan di atas kepala mereka sambil bergoyang mengikuti melodi musik gesekkan sitar dan perkusi. Pot kuningan tersebut mencerminkan alat untuk mengambil air yang merupakan aktivitas sehari-hari wanita di Jaisalmer. 

Bukan hanya tari-tarian, budaya Jaisalmer juga kental dengan seni puppet atau boneka yang dimainkan dengan gerakkan jari-jari tangan. 

Artikel menarik lainnya: 

Bikin cerita serumu dan dapatkan berbagai reward menarik! Let’s join Z Creators dengan klik di sini.

Z Creators
Z Creators
TAG
Yayan Supriyanto
Fabiola Lawalata
Fabiola Lawalata
Community Writer
JOIN US
JOIN US