The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Asal-usul Paspor, Ternyata dari Salah Satu Kitab Perjanjian Lama Agama Kristen!
Sejarah asal-usul paspor. (Vivi Sanusi/IDZ Creators)
Travel

Asal-usul Paspor, Ternyata dari Salah Satu Kitab Perjanjian Lama Agama Kristen!

Selasa, 28 Juni 2022 21:03 WIB 28 Juni 2022, 21:03 WIB

INDOZONE.ID - Paspor menjadi dokumen perjalanan lintas negara yang berisi identitas pemiliknya. Namun ada yang tahu sejarah dan asal usul paspor? Nah, istilah paspor berawal dari kata sea port yang berarti pelabuhan laut.

Sea port berupa dokumen yang dikeluarkan oleh para pemimpin Eropa bagi para wisatawan yang ingin bepergian. Dokumen tersebut berisi berbagai daftar nama kota dan negara yang boleh disinggahi.

penerbangan
Suasana penerbangan di pesawat. (Vivi Sanusi/IDZ Creators)

Paspor diperkirakan telah ada sejak 450 sebelum Masehi tertuang pada kitab Nehemia yang termasuk dalam kitab-kitab sejarah pada Perjanjian Lama di Alkitab Kristen. 

Saat itu, Nehemia perwakilan Kerajaan Persia diperintahkan untuk pergi ke Yudea dengan membawa surat sebagai jaminan keselamatannya selama berada di negeri seberang.

Kisah lain menyebutkan Nehemia diangkat sebagai gubernur baru di Palestina dan karena menempuh perjalanan yang jauh. Ia meminta raja Persia membuatkan surat sebagai pelindung dirinya selama di perjalanan.

Pada masa kekhalifahan Islam paspor berupa bara'a yaitu dokumen berupa tanda pembayaran pajak dan berlaku hanya untuk yang membayar zakat. Bagi non muslim menggunakan jizya. Setelah mendapatkan dokumen, barulah diperbolehkan bepergian ke luar daerahnya.

Keberadaan paspor yang mendekati fungsi dan kegunaan seperti sekarang ini diciptakan pertama kalinya oleh Raja Henry V dari Inggris. Paspor diciptakan sebagai identitas seseorang bila berada di negara lain. 

Pada awal kemunculan paspor hanya berupa data pemegang paspor tanpa dilengkapi foto. Baru pada abad ke-20 paspor memakai foto.

Bikin cerita serumu dan dapatkan berbagai reward menarik! Let’s join IDZ Creators dengan klik di sini.

IDZ Creators
IDZ Creators
TAG
Yayan Supriyanto
Vivi Sanusi
Vivi Sanusi

Vivi Sanusi

Community Writer
TERKAIT DENGAN INI

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US