The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Daftar Negara Tertua di Dunia, Umurnya Hingga Ribuan Tahun!
Negara Iran saat masih menjadi Persia (geaway.it)
Travel

Daftar Negara Tertua di Dunia, Umurnya Hingga Ribuan Tahun!

Negara-negara ini hidup sebelum masehi

Selasa, 05 Juli 2022 15:57 WIB 05 Juli 2022, 15:57 WIB

INDOZONE.ID - Beberapa negara di dunia diketahui menjadi negara tertua di dunia. Umur negara-negara ini bahkan mencapai raturan tahun dan puluhan abad. Umur tersebut dihitung dari keberadaan negara-negara ini sejak peradaban kuno. 

Saat peradaban kuno dahulu, negara-negara ini masih berbentuk kerajaan dan masih banyak berbentuk bebatuan. Namun, kini negara-negara tersebut telah modern. Berdasarkan World Atlas, beberapa negara ini termasuk dalam negara tertua di dunia.  

1. Iran 

negara tertua di dunia
Persepolis, sebuah kota kuno di Iran (photo/trover.co)

Iran menjadi salah satu negara tertua di dunia yang bernama Persia. Pada peradaban awal, zaman yang dimiliki negara ini adalah zaman Elam dan zaman Jiroft. Zaman Elam adalah zaman yang cukup penting dalam pembangunan Iran selama era Proto-Elam atau Susa III. Negara Iran telah berada di dunia sejak 3.200 Sebelum Masehi (SM). 

2. Mesir

negara tertua di dunia
Piramida Mesir, ikon negara tertua di dunia ini (nationalgeographic.grid.id)

Negara tertua di dunia selanjutnya adalah Mesir. Negara ini telah berada di dunia sejak 3.100 SM. Tentu saja negara ini menjadi negara yang telah dihuni sejak zaman kuno. 

Beberapa sejarawan setuju bahawa Mesir merupakan tempat lahirnya peradaban, mulai dari awal mula penulisan hingga pembentukan pemerintahan. Penulisan paling tua yang berasal dari Mesir adalah Hieroglif. 

Negara ini awalnya berada di bawah kekuasaan Persia, lalu Yunani.

3. Vietnam 

negara tertua di dunia
Hue, Vietman, menjadi ikon negara tertua di dunia ini (travellens.co)

Negara paling tua di dunia selanjutnya adalah Vietnam. Negara ini berada di kawasan Asia Tenggara dan awalnya bernama Dinasti H?ng Bàng. Vietnam itu sendiri telah berada di dunia sejak 2.879 SM hingga 258 SM. 

4. Armenia 

negara tertua di dunia
Armenia, negara tertua di dunia (id.educations.com)

Beralih ke kawasan Asia Barat, terdapat negara tertua di dunia, yaitu Armenia. Negara ini telah hidup dan berkembang hingga saat ini sejak 4.000 SM. Dalam beberapa sumber arkeologi, negara ini diketahui telah dihuni sejak zaman perunggu atau zaman di mana terjadi perkembangan penggunaan teknik melebur tembaga dari hasil bumi dan membuat perunggu. 

5. Korea Utara 

negara tertua di dunia
Korea Utara, negara tertua di dunia (policyforum.net)

Negara yang sangat ketat akan aturan ini nyatanya telah berada di dunia sejak abad ketujuh sebelum masehi. Ini merupakan abad di mana muncul kerajaan pertama. Dulunya, wilayah Korea Utara merupakan lokasi Gojoseon atau Korea Kuno pada 2.333 hingga 108 SM. 

Itulah beberapa negara tertua di dunia yang dapat kamu ketahui. Sejatinya, negara-negara tersebut telah memberikan banyak sejarah juga revolusi bagi dunia. 

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Ikhsan
Ainal Zahra Nabila

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US