Gunung Merbabu, Merapi, Dan Menoreh Siap Menjadi Cagar Biosfer Dunia
Instagram/Indonesiawanderer
Travel

Gunung Merbabu, Merapi, Dan Menoreh Siap Menjadi Cagar Biosfer Dunia

Kamis, 04 Juli 2019 19:19 WIB 04 Juli 2019, 19:19 WIB

INDOZONE.ID - Perwakilan dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) dan Gubernur DI Yoygakarta Sri Sultan Hamengkubowono X telah membahas rencana pengajuan Gunung Merapi, Merbabu, dan Perbukitan Menoreh menjadi cagar biosfer dunia. Pengajuan tersebut akan dilakukan pada September 2019 mendatang ke UNESCO.

Menurut Ketua Komite Nasional Man and Biosphere UNESCO Indonesia yang juga Deputi Bidang Ilmu Pengetahuan Hayati LIPI, Enny Sudarmonowati mengatakan bahwa rencana ini sangat memerlukan kerja sama antara pemerintah daerah di kawasan cagar biosfer.

Agar nantinya, pada sidang Man and The Biosphere Programme International Coordinating Council (MAB-ICC) UNESCO tahun 2020 nanti Gunung Merapi, Merbabu, dan Perbukitan Menoreh dapat ditetapkan sebagai cagar biosfer dunia.

Perlu diketahui, pengusulan cagar biosfer ini telah dirancang dan dipersiapkan dalam dua tahun terakhir ini. Jika nantinya dapat disetujui oleh UNESCO, maka Gunung Merapi, Gunung Merbabu, dan Perbukitan Menoreh menjadi cagar biosfer pertama untuk daerah Jawa Tengah dan DI Yogyakarta, serta menjadi cagar biosfer ke-17 di Indonesia.

TAG
Indozone Media
Indozone Media

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU