The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Jalan Sitinjau Lauik - Solok Udah Bisa Dilalui Usai Tertutup Beberapa Jam Akibat Longsor
Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kota Padang Basril usai penanganan lokasi longsor pada Senin (25/7). (ANTARA/HO-BPBD Padang)
Travel

Jalan Sitinjau Lauik - Solok Udah Bisa Dilalui Usai Tertutup Beberapa Jam Akibat Longsor

Senin, 25 Juli 2022 18:01 WIB 25 Juli 2022, 18:01 WIB

INDOZONE.ID - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Padang menyatakan, jalan di kawasan Sitinjau Lauik yang menghubungkan Kota Padang dengan Kabupaten Solok, Sumatera Barat sudah dapat dilalui kendaraan usai tertutup beberapa jam akibat longsor.

Seperti yang dilansir Antara, Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kota Padang Basril di Padang, Senin mengatakan longsor terjadi pada 12.14 WIB karena hujan dari pagi hingga saat ini hujan terus berlangsung.

"Sekarang pukul 15.15 WIB jalur tersebut sudah dapat dilalui kendaraan setelah dilakukan pembersihan material longsor," kata dia.

Menurut dia untuk mengevakuasi material longsor ada alat berat dari Kementerian PUPR yang membantu pembersihan namun untuk material kecil pihaknya bekerja sama dengan pihak terkait melakukan pembersihan.

Material kecil seperti kerikil, lumpur dan batu masih berserakan di lokasi dan membahayakan bagi kendaraan yang melintas. Jalur tersebut, lanjutnya merupakan pendakian dan adanya material dan air hujan yang turun sejak pagi membuat lokasi itu menjadi rawan.

"Terutama mobil truk besar pengangkut barang dan juga mobil kecil sehingga kita lakukan pembersihan sehingga jalur tersebut dapat dilalui dengan baik," kata dia.

Ia mengatakan longsor yang terjadi di kawasan Panorama II Sitinjau Lauik karena curah hujan yang tinggi dan dalam waktu yang cukup panjang.

"Daerah ini kemarin sudah longsor dan akibat curah hujan tinggi. Kita mengajak masyarakat yang melintas di jalur tersebut agar berhati-hati karena memang daerah rawan longsor," kata dia.

Sebelumnya Plt Kepala Pelaksana BPBD Padang Arfian meminta masyarakat berhati-hati dan waspada ketika berada di luar rumah saat curah hujan tinggi disertai angin kencang.

"Terutama di daerah rawan longsor atau di daerah banyak pepohonan dan papan reklame besar," kata dia.

Artikel Menarik Lainnya

TAG
Fahrizal Daulay
TERKAIT DENGAN INI

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US