Potret Masjid Tertua di Tiongkok
Masjid Huaisheng, Guangzhou, Tiongkok. (Instagram/sahat_simarmata)
Travel

Potret Masjid Tertua di Tiongkok

Minggu, 24 Mei 2020 09:18 WIB 24 Mei 2020, 09:18 WIB

INDOZONE.ID - Masjid Huaisheng yang berlokasi di Guangzhou, Tiongkok ini disebut-sebut sebagai masjid tertua yang ada di Negeri Tirai Bambu itu. Bahkan menurut sejarahnya, masjid ini dibangun oleh salah satu sahabat Rasulullah SAW.

masjid huaisheng
Instagram/feypoetry

Masjid yang sudah berdiri sejak era Dinasti Tang atau pada 627 Masehi ini kabarnya didirikan oleh salah satu sahabat Rasulullah SAW, Sa'ad bin Abi Waqqas. Masjid ini dibangun dengan arti 'mengingat orang bijak' sebagai bentuk menghormati Rasulullah SAW.

masjid huaisheng
Instagram/feypoetry

Seperti kebanyakan masjid yang ada di Tiongkok, bentuk Masjid Huaisheng merupakan hasil perpaduan dari gaya arsitektur tradisional Tiongkok dan Arab. Hal itu bisa dilihat dari penggunaan bebatuan pada halaman balai utama serta hiasan-hiasan kaligrafi Arab yang terdapat pada dinding dan pilar-pilar masjid.

masjid huaisheng
Instagram/feypoetry

Masjid ini juga disebut sebagai Masjid Menara Cahaya atau Masjid Mercusuar karena terdapat sebuah menara setinggi 36 meter yang berbentuk seperti mercusuar di dalam kompleks masjid tersebut.

masjid huaisheng
Instagram/feypoetry

Masjid Huaisheng tidak hanya didatangi oleh para jamaah yang hendak beribadah, tetapi juga wisatawan yang ingin melihat sejarah peradaban Islam di Tiongkok.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Muhammad Alfath Ishari
Nanda

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US