Liburan merupakan kegiatan yang ditunggu-tunggu dan biasanya sudah direncanakan sejak jauh-jauh hari. Namun, ditengah liburan masih ada saja telepon atau email yang berhubungan dengan kantor. Bagaimana ya menyiasatinya? Simak tips berikut!
1. Tetapkan cuti dan izin kantor
Saat kamu sudah menetapkan jadwal liburan. Segera tetapkan tanggal cuti dan izin kantor. Jangan lupa beri tahu atasan dan rekan kerja tentang jadwal cuti kamu. Beritahu beberapa proyek kerjaan kepada rekan kerja untuk di follow up. Jika semua sudah direncanakan, kamu pun akan tenang pada saat liburan nanti.
2. Pastikan menyelesaikan tugas sebelum liburan
Setelah mengurus cuti sudah beres, pastikan untuk menyelesaikan tugas sebelum liburan. Jangan sampai cuti kamu terganggu karena masalah pekerjaan yang belum selesai. Jika tugas kamu selesai sebelum liburan, kamu pun akan tenang berlibur dan mendapatkan liburan yang berkesan.
3. Atur email balasan otomatis
Saat kamu sedang liburan, pasti ada saja klien yang mengirimkan email. Kamu bisa mengatur email balasan otomatis yang memberitahukan kamu sedang berada di tempat liburan. Beri tahu kapan waktu pergi dan bekerja kembali.
4. Meminta rekan kerja untuk back up kerjaan
Saat sedang berlibur, kamu bisa sesekali meluangkan waktu komunikasi dengan rekan kerja. Saat kamu meminta rekan kerja untuk back up pekerjaan pun, pastikan untuk mengingatkan tugasnya. Saat rekan kerjamu berlibur, kamu pun harus siap membackup kerjaannya.
5. Nikmati liburan dengan tenang
Jika ijin cuti sudah selesai, sudah memberitahu rekan kerja juga. Silakan nikmati liburanmu. Kamu berhak mengistirahatkan tubuh, hati, dan pikiran dari rutinitas kerja selama ini. Jika liburan kamu berjalan dengan lancar dan menyenangkan, kamu pun siap untuk bekerja kembali.