The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Sektor Pariwisata Indonesia akan Menggunakan Metode Storynomic Tourism, Ini Penjelasannya
Indonesia. (photo/Ilustrasi/Pexels/Dio Hasbi Saniskoro)
Travel

Sektor Pariwisata Indonesia akan Menggunakan Metode Storynomic Tourism, Ini Penjelasannya

Jumat, 12 November 2021 16:50 WIB 12 November 2021, 16:50 WIB

INDOZONE.ID - Semua sektor industri dilaporkan mengalami perubahan di masa pandemi COVID-19, termasuk dengan sektor industri pariwisata. Di mana, semua gaya kehidupan yang dialami oleh manusia sudah lebih berminat pada sisi digitalisasi. 

Melihat hal itu, Direktur Aplikasi, Permainan, Televisi dan Radio Kemenparekraf yaitu Syaifullah mengatakan bahwa pariwisata di Tanah Air akan dikembangkan melalui Storynomics Tourism. Melihat hal itu, dia memberikan komentarnya. 

"Storynomic tourism adalah mengemas keindahan pesona Indonesia dalam sebuah cerita yang menarik, sehingga menjadi daya tarik bagi wisatawan mancanegara mengunjungi Indonesia," ungkapnya dalam  Forum dan Musyawarah Nasional Perhimpunan Usaha Taman Rekreasi Indonesia (PUTRI).

"Hal ini menguntungkan bagi Indonesia, Indonesia memiliki 1.340 suku yang tersebar dari barat ke timur dari Aceh sampai dengan Papua, di mana kekuatan budayanya sangat kuat dan tidak dimiliki oleh masyarakat di negara lain," jelasnya. 

"Film Laskar Pelangi menceritakan kesederhanaan dan keunikan dari suatu daerah tapi telah mendorong 4,5 juta penonton, hal ini mengubah, kalau teman-teman ke Belitung pasti lihat perubahannya sekarang hotel-hotel bintang 5 berjejer," katanya. 

Sekadar informasi, Storynomics tourism adalah pendekatan pariwisata yang mengedepankan narasi, konten kreatif, living culture, hingga menggunakan kekuatan budaya sebagai DNA destinasi. Dengan kata lain, sektor pariwisata dapat memperkenalkan wisata di Indonesia kepada turis asing dengan cara melalui karya digital. 

"Hal yang sama juga bisa kita lihat bagaimana Lord of The Rings atau Hobbit dan Samurai telah mengubah Selandia Baru menjadi salah satu destinasi terkemuka di dunia," tutupnya. 

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
JOIN US
JOIN US