The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Menparekraf: Kunjungan Turis Internasional Meningkat,  Didominasi Timor Leste dan Malaysia
Bandara. (photo/Ilustrasi/Pexels/Ekaterina Belinskaya)
Travel

Menparekraf: Kunjungan Turis Internasional Meningkat, Didominasi Timor Leste dan Malaysia

Selasa, 30 November 2021 15:52 WIB 30 November 2021, 15:52 WIB

INDOZONE.ID - Sejumlah negara dilaporkan telah membuka perbatasan untuk terima kedatangan turis, meski masih dilanda pandemi COVID-19. Langkah ini juga dilakukan oleh Indonesia. Indonesia sendiri dilaporkan kembali membuka perbatasan dan menerima kedatangan dari turis, baik itu lokal maupun internasional. 

Kunjungan wisata asing ke Indonesia pun dilaporkan meningkat untuk 2 bulan terakhir. Wisatawan yang paling banyak kunjungi Indonesia adalah Timor Leste dan Malaysia. Melihat hal itu, Menparekraf di Indonesia yaitu Sandiaga Uno memberikan komentarnya atas hal itu. 

"Ada 126 ribu kunjungan wisatawan mancanegara mayoritas dari Timor Leste dan Malaysia. Umumnya pelintas batas," ungkapnya. 

"Walaupun meningkatnya tidak terlalu signifikan, kami bisa melihat Oktober peningkatannya juga lebih tinggi. Dan ini didukung kunjungan wisatawan nusantara yang juga meningkat terutama ke Bali," katanya. 

Hanya saja, tren positif ini harus menemui sejumlah tantangan karena kemunculan COVID-19 varian Omicron dari Afrika Selatan. Tidak mau bernasib seperti varian Delta, Sandiaga pun mengatakan kali ini pihak pemerintah akan mengevaluasi pembukaan gerbang untuk para turis mancanegara. 

"Untuk menghindari lonjakan kasus baru maka pemerintah melakukan beberapa kebijakan, salah satunya pembaruan daftar negara. Evaluasi pembukaan untuk wisatawan mancanegara akan dikoordinasikan dengan Kemenko Marves dan Kemenlu," kata dia.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
JOIN US
JOIN US