The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

5 Fakta Menarik Antalya, Kota Wisata Turki Tempat Kelahiran Toprak, Juara Dunia WSBK 2021
Antalya, Turki (Pixabay)
Travel

5 Fakta Menarik Antalya, Kota Wisata Turki Tempat Kelahiran Toprak, Juara Dunia WSBK 2021

Selasa, 23 November 2021 15:39 WIB 23 November 2021, 15:39 WIB

INDOZONE.ID - World Superbike (WSBK) musim 2021 melahirkan juara dunia baru, yaitu pembalap Pata Yamaha, Toprak Ragatlioglu. Pria asal Turki itu berhasil menghentikan dominasi pembalap Inggris, Jonathan Rea yang menjuarai WSBK selama enam musim.

Bicara soal Toprak, maka kita bicara Antalya. Meski dia membesar di Istanbul, namun Toprak berasal dari Antalya, salah satu daerah wisata yang terkenal di Turki.

Antalya merupakan salah satu tujuan wisata populer bagi wisatawan Eropa. Terletak di pesisir laut Mediterania, Antalya selalu ramai dipadati wisatawan saat liburan musim panas di belahan bumi bagian utara.

Pembangunan masif yang dilakukan sejak tahun 1970-an di bidang pariwisata telah berhasil mengubah Antalya menjadi pusat peristirahatan untuk wisatawan internasional.

Bayangkan saja, 30 persen keberadaan wisatawan asing di Turki berada di wilayah Antalya.

Berikut 5 fakta menarik tentang Antalya yang dirangkum Indozone dari berbagai sumber, Selasa (23/11/2021).

1. Bekas Kota Yunani Kuno

fakta tentang antalya
(Pixabay)

Antalya merupakan kota yang sudah ada sejak era Yunani Kuno, tepatnya dari Kerajaan Pergamum di bawah dinasti Attalid pada 281-133 SM. Di era tersebut, Antalya menjadi salah satu pusat budaya utama dunia Yunani.

Awalnya, nama kota ini disebut sebagai "Attaleia" yang berarti "Ini adalah surga". Nama itu diberikan karena wilayah Antalya memang benar-benar menyuguhkan pemandangan yang sangat indah.

Di era modern ini, panjang garis pantai yang dimiliki oleh Antalya mencapai 657 km atau 408 mil. Sepanjang garis pantai, terdapat pantai-pantai yang indah, pelabuhan, serta kota-kota kecil bekas Yunani Kuno.

2. Memikat 16 juta wisatawan asing

fakta tentang antalya
(Pixabay)

Sebagai tujuan wisata populer, Antalya berhasil memikat hingga 16 juta wisatawan asing pada 2019 lalu. Wisatawan asing yang mengunjungi Antalya berasal dari kawasan Eropa sendiri seperti Rusia, Jerman, Prancis, dll.

Pandemi Covid-19 yang berlangsung selama dua tahun ini telah menurunkan jumlah wisatawan asing yang datang ke wilayah itu. Terhitung dalam sembilan bulan pertama 2021, hanya 7 juta wisatawan asing yang berwisata ke Antalya.

Destinasi wisata utama di Antalya masih didominasi oleh pantai-pantai serta beberapa kota sejarah peninggalan Yunani Kuno.

3. Surga bagi pecinta arkeologi

fakta tentang antalya
(Pixabay)

Antalya merupakan surga bagi pecinta arkeologi karena terdapat banyak kota-kota tua serta bangunan bersejarah peninggalan Yunani Kuno dan Romawi Kuno.

Salah satu yang populer di Antalya adalah Aspendos Romantic Theater, bangunan teater peninggalan Romawi Kuno yang dapat menampung hingga 20.000 penonton pada zamannya.

Gedung teater ini sangat menarik karena begitu megah dengan ketinggian mencapai 95 meter serta diameter mencapai 96 meter.

4. Banyak terdapat masjid peninggalan Ottoman

fakta tentang antalya
(Antalya)

Setelah menjadi wilayah kekaisaran Ottoman, terdapat sejumlah masjid megah yang dibangun pada zamannya. Di era Turki modern sekarang ini, masjid-masjid tersebut berubah menjadi tempat destinasi wisata.

Ada beberapa masjid yang layak dikunjungi di Antalya seperti Masjid Tekeli Mehmet Pasha dan Masjid Yivliminare.

Jika berkunjung ke Antalya, kamu tidak hanya mendatangi tempat-tempat peninggalan Yunani-Romawi Kuno saja, tapi juga bisa menyaksikan kemegahan arsitektur Islam di era Ottoman.

5. Pernah dilanda kebakaran hutan yang hebat

fakta tentang antalya
REUTERS/Kenan Gurbuz

Kebakaran hutan hebat pernah melanda Antalya, tepatnya di Kota Manavgat, distrik Akseki pada Kamis, 29 Juli 2021 lalu.

Menurut laporan Badan Penanggulangan Bencana dan Kondisi Darurat Turki (AFAD), kebakaran itu menewaskan sedikitnya tiga orang dan 138 orang lainnya terkena dampak.

Ada sebanyak 58 orang yang terpaksa dilarikan ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan medis. Satu di antaranya dilaporkan mengalami luka yang cukup parah.

Kebakaran hebat di Antalya disebut-sebut menjadi peristiwa kebakaran hutan paling hebat dalam sejarah Turki modern.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Dina
Nanda
Dina

Dina

Editor
Nanda

Nanda

Writer
TERKAIT DENGAN INI
JOIN US
JOIN US