The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Boros, Turis Indo Disebut Habiskan 10 Miliar USD Melancong di Luar Negeri Sebelum Pandemi
Ilustrasi liburan. (Unsplash/@chenhanozel)
Travel

Boros, Turis Indo Disebut Habiskan 10 Miliar USD Melancong di Luar Negeri Sebelum Pandemi

Sabtu, 20 Februari 2021 14:52 WIB 20 Februari 2021, 14:52 WIB

INDOZONE.ID - Ketika wisatawan lokal Indonesia melancong ke luar negeri sebelum masa pandemi, sekitar 10 miliar dolar AS uang yang dihabiskan untuk itu.

Hal tersebut disampaikan oleh Deputi Bidang Koordinasi Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kemenko Maritim dan Investasi (Kemenko Marves) Odo RM Manuhutu dalam dalam konferensi pers virtual progres pengembangan DPSP Labuan Bajo, Jumat (19/2/2021).

"Kemarin saat rapat dengan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif juga menteri lainnya, kita melihat (wisatawan) domestik kita sebelum pandemi banyak yang ke luar negeri dengan nilai lebih dari 10 miliar dolar AS. Sekarang sedang dikembangkan bagaimana agar 10 miliar dolar AS yang biasanya dikeluarkan di luar negeri oleh wisatawan Indonesia didorong tetap di domestik kita," jelas Odo.

Maka dari itu, pemerintah berupaya menggenjot pergerakan wisatawan domestik untuk berwisata di dalam negeri saja sehingga potensi uang yang besar itu bisa berputar di negeri sendiri.

Odo mengatakan untuk menggenjot kunjungan wisatawan domestik berwisata di dalam negeri, pemerintah tengah mempersiapkan Gerakan Nasional Bangga Berwisata di Indonesia. 

Kampanye tersebut juga merupakan lanjutan dari kampanye Bangga Buatan Indonesia untuk membeli produk kreatif karya anak bangsa.

Menurut Odo, sektor pariwisata yang terpukul karena pandemi Covid-19 mempengaruhi pertumbuhan ekonomi secara nasional. 

Oleh karena itu, pemulihan di sektor pariwisata diharapkan pula dapat ikut mendorong pemulihan ekonomi secara nasional.

Artikel Menarik Lainnya

TAG
Putri
Laila Rahmi Batubara
TERKAIT DENGAN INI

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US