The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Bentuk 5 Rumah Adat di Indonesia yang Memesona
Instagram/like_palembang
Travel

Bentuk 5 Rumah Adat di Indonesia yang Memesona

Senin, 16 September 2019 13:34 WIB 16 September 2019, 13:34 WIB

INDOZONE.ID - Sebagai negara kepulauan yang besar, Indonesia dikenal kaya akan keberagaman suku dan kebudayaan.

Setiap daerah di Indonesia, dari Sabang sampai Merauke pasti memiliki kebiasaan dan kebudayaan khas tersendiri, misalnya bentuk dari rumah tradisional dengan keunikan masing-masing.

Bentuk dan struktur dari rumah tradisional itu pun telah ada sejak zaman dahulu yang membuktikan bahwa orang-orang Indonesia sedari dulu sudah pintar merancang bangunan dengan sedemikian rupa.

Dari banyaknya rumah tradisional di Indonesia, ada lima di antaranya punya bentuk yang memesona. Apa saja? Berikut daftarnya.

Rumah Krong Bade, Aceh

rumah adat di indonesia
Instagram/bin_yahyya

Selain disebut Rumah Krong Bade, rumah ini juga dikenal sebagai sebutan Rumoh Aceh. Rumah tradisional yang berasal dari Aceh ini memiliki tangga dengan anak tangga yang harus berjumlah ganjil sebagai jalan masuk ke dalam rumah. Rumoh Aceh dibangun menjulur dari timur ke barat untuk mengikuti garis arah yang menghadap Ka'bah di Mekkah. Bangunan rumah terbuat dari kayu serta dihiasi dengan lukisan.

Rumah Gadang, Sumatera Barat

rumah adat di indonesia
Instagram/explore_sumbar

Siapa yang tak mengenal Rumah Gadang, rumah tradisional dari ranah Minangkabau, Sumatera Barat. Ciri khas yang amat melekat dari desain Rumah Gadang terletak pada atapnya yang berbentuk seperti tanduk kerbau. Rumah Gadang juga tidak memiliki sekat antar ruangan kecuali kamar untuk tidur. Rumah Gadang dihiasi dengan ukiran bermotif akar, bunga, dan daun pada bagian depannya.

Rumah Rakit, Sumatera Selatan

rumah adat di indonesia
Instagram/like_palembang

Seperti namanya, rumah tradisional asal Bangka Belitung ini dibangun mirip dengan rakit dan berdiri di atas perairan sungai. Rumah Rakit masih bisa dapat dijumpai di tepian sungai musi di Kota Palembang. Untuk membangun Rumah Rakit, perlu adanya bambu jenis mayan yang dapat mengambang di atas air dan tahan lama. Selain bambu mayan, ada juga ulit anyam yang digunakan untuk atap. Untuk menyantukan material bangunan, perlu adanya rotan sebagai pengikat masing-masing bambu.

Rumah Tongkonan, Sulawesi Selatan

rumah adat di indonesia
Instagram/winreds0709

Rumah Tongkonan merupakan rumah adat di Indonesia dari suku Toraja yang berada di Sulawesi Selatan. Rumah Tongkonan sangat mudah dikenal karena bentuk atapnya yang unik, melengkung ke arah depan. Bentuk rumah Tongkonan akan disesuai dengan strata sosial yang berlaku di masyarakat Toraja.

Rumah Banjar Bubungan Tinggi, Kalimantan Selatan

rumah adat di indonesia
Instagram/banjarmasinbanget

Rumah bubungan tinggi merupakan salah satu rumah tradisional yang berasal dari masyarakat Banjar di Kalimantan Selatan. Seperti namanya, rumah ini memiliki bubungan atau atap yang menjulang ke atas. Adapun material yang digunakan untuk membuat Rumah Bubungan Tinggi adalah kayu.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Indozone Media
Indozone Media
Indozone Media

Indozone

Writer
Indozone Media

Reporter
JOIN US
JOIN US