The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Warga Jepang Ini Jadi Wanita Pertama yang Mendaki Puncak Everest
Junko Tabei, wanita pertama yang capai puncak Everest. (Dok/Twitter/AvoToastSeries)
Travel

Warga Jepang Ini Jadi Wanita Pertama yang Mendaki Puncak Everest

Minggu, 26 Juli 2020 18:20 WIB 26 Juli 2020, 18:20 WIB

INDOZONE.ID - Seorang pendaki wanita asal Jepang bernama Junko Tabei menjadi wanita pertama yang menginjakkan kaki di puncak Everest. 

Ia melakukan pendakian itu mulai 4 Mei 1975 bersama 15 perempuan dan 6 Sherpa dan berhasil mencapai puncak Everest pada 16 Mei 1975. 

Dihimpun dari berbagai sumber, Junko Tabei lahir di Miharu, Jepang pada tahun 1939. Sejak kecil ia sudah menaruh minat pada dunia pendakian gunung. Tebei merupakan lulusan dari Showa Women’s University jurusan English and American literature.

Minat mendakinya disalurkan dengan masuk klub pendakian saat kuliah, salah satunya “The Ladies Climbing Club” yang berdiri pada tahun 1969 dan terdiri dari para wanita.

Berbekal dukungan dana dari media Jepang, Tebei berangkat memimpin ekspedisi mendaki Everest bersama pendaki wanita lainnya. Ia berangkat dengan meninggalkan suami dan anaknya yang sedang berusia tiga tahun.

Ekspedisi Everest yang dipimpinnya mengikuti jalur pendakian yang sebelumnya dilakukan oleh Edmund Hillary yang berhasil mencapai puncak Everest untuk pertama kalinya.

wanita pertama capai puncak everest
Junko Tabei. (Dok/Twitter/The Wing)

Pendakian Puncak Everest tentu bukan hal yang mudah. Berbagai halangan dan rintangan menyertai. Salah satunya terjadi longsor salju yang berada dekat tempat mereka mendirikan tenda di ketinggian 21.000 kaki. 

Beruntung semua anggota selamat, meskipun Tabei dan rekannya Yuriko Watanabe sempat tertutup salju dan tidak sadarkan diri. 
 

Artikel Menarik Lainnya

TAG

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US