The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Bali Tengah Susun SOP Era 'New Normal' Pariwisata
Pantai Kedonganan, Badung, Bali. (ANTARA FOTO/Fikri Yusuf)
Travel

Bali Tengah Susun SOP Era 'New Normal' Pariwisata

Selasa, 19 Mei 2020 14:40 WIB 19 Mei 2020, 14:40 WIB

INDOZONE.ID - Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Bali, Putu Astawa mengatakan bahwa saat ini pihaknya tengah menyusun SOP baru untuk menghadapi era 'new normal' pariwisata pasca pandemi virus corona. Nantinya, wisatawan yang datang ke Pulau Dewata wajib mematuhi SOP yang telah ditetapkan.

"Saat ini lebih kepada persiapan-persiapan dalam era new normal, di mana terjadi interaksi normal baru dengan penggunaan masker, jaga jarak dengan protap kesehatan yang harus kita buat untuk dipakai di hotel, restoran, destinasi wisata dan semua titik-titik poin itulah dan harus tahu semua standar itu untuk saling melindungi," kata Putu Astawa dikutip dari Antara, Selasa (19/5).

"Sampai saat ini kita masih fokus untuk penanganan Covid-19. Sampai benar-benar ada jaminan kasus melandai atau menurun. Jadi pembukaan pariwisata akan melihat situasi perkembangan wabah Covid-19 Kalau persiapan yang sedang dilakukan adalah persiapan SOP era new normal di tempat wisata," jelasnya.

Astawa menjelaskan, pihaknya sedang menyiapkan tiga strategi terkait pariwisata jika pandemi virus corona sudah dinyatakan berakhir dan aman. Pertama masa tanggap darurat, berupa masa mitigasi yaitu pencegahan penularan kasus dan penanganan pasien. Kedua masa recovery adalah masa untuk pemulihan melalui paket paket wisata setelah resmi masa Covid-19 dinyatakan aman dan ketiga normalisasi yaitu melalui promosi-promosi dan festival-festival.

"Kedatangan wisatawan mancanegara langsung ke Bali pada bulan Maret 2020 tercatat sebanyak 156.876 kunjungan. Jumlah tersebut turun 56,89 persen dibandingkan dengan catatan bulan Februari 2020 sebesar 363.937 kunjungan," kata Kepala BPS Bali, Adi Nugroho.

Jika dilihat dari pintu masuknya, wisatawan mancanegara yang datang ke Bali sebagian besar melalui bandara, yaitu sebanyak 155.851 kunjungan atau 99,35 persen. Sedangkan, wisman yang masuk ke Bali melalui pelabuhan laut pada bulan Maret 2020 tercatat sebanyak 1.025 kunjungan atau 0,65 persen.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Muhammad Alfath Ishari
Nanda

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US