The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Malangnya Nasib Desa di Rumania, Tenggelam karena Limbah Tambang
Geamana, desa di Rumania yang tenggelam karena limbah tambang beracun. (Boredpanda.co)
Travel

Malangnya Nasib Desa di Rumania, Tenggelam karena Limbah Tambang

Jumat, 31 Juli 2020 09:54 WIB 31 Juli 2020, 09:54 WIB

INDOZONE.ID - Geamana dulunya adalah sebuah desa yang sangat indah di Rumania. Namun limbah tambang menenggelamkannya dan mengubahnya menjadi danau beracun.

Desa itu berjarak dua jam perjalanan darat dari Cluj di Rumania. Keindahannya kini tinggal kenangan, yang tersisa hanya sekumpulan limbah beracun.

Geamana
Geamana, desa di Rumania yang tenggelam karena limbah tambang beracun. (Boredpanda.com)

Dihimpun dari berbagai sumber, limbah beracun itu berasal dari tambang perunggu Rosia Poieni yang terletak di Pegunungan Apuseni. Penambangan itu dilakukan atas kebijakan dari diktator Rumania Nicolae Ceausescu.

Namanya tambang tentu mempunyai limbah yang perlu dibuang. Nicolae pun memaksa penduduk desa meninggalkan rumahnya untuk digunakan sebagai tempat penampungan limbah tambang. 

Geamana
Geamana, desa di Rumania yang tenggelam karena limbah tambang. (Boredpanda.com)

Tercatat ada sekitar 400 keluarga yang terpaksa meninggalkan rumahnya. Alhasil, Desa Geamana ditenggelamkan oleh limbah dari tambang perunggu.  

Mirisnya lagi, awalnya penduduk desa dijanjikan ganti rugi sebesar $2.000 dan juga pemindahan makam nenek moyang ke tempat yang baru. Namun janji tinggal janji tanpa adanya bukti.

Geamana
Geamana, desa di Rumania yang tenggelam karena limbah tambang. (Boredpanda.com)

Kini, desa yang dulunya indah itu sudah berubah menjadi danau limbah yang menyisakan bagian atap menara yang masih tampak berdiri dari kejauhan serta sebagian puing-puing bangunan.
 

Artikel Menarik Lainnya

TAG

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US