Ini 5 Tips Jitu Membawa Bayi Pergi Berlibur
Ilustrasi membawa bayi berlibur. (Pexels/J carter)
Travel

Ini 5 Tips Jitu Membawa Bayi Pergi Berlibur

Yuk, rencanain liburan bareng baby.

Rabu, 09 Oktober 2019 16:26 WIB 09 Oktober 2019, 16:26 WIB

INDOZONE.ID - Tidak ada salahnya kita agendakan liburan tahun ini membawa bayi atau balita kita. Kasihankan harus dititipin terus ke orang tua ketika kita mau liburan.

Membawa bayi atau balita naik pesawat memang gampang-gampang susah. Namun, ada beberapa tips yang bisa kamu terapkan saat liburan membawa balita naik pesawat supaya situasi aman terkendali.

Tapi kamu harus tahu nih sahabat Indozone, sebelum memutuskan membawa bayi kita pergi berlibur, kamu harus pastikan kondisi bayimu sudah memungkinkan untuk melakukan perjalanan tersebut. 

Caranya, konsultasikan kepada dokter dan ceritakan kepada dokter, kamu hendak pergi kemana, berapa lama liburannya, serta cuacanya di tempat liburan seperti apa.

Jika menurut dokter kondisi bayimu tidak memungkinkan jangan dipaksa ya sahabat Indozone, atau sebaliknya jika kondisi memungkinkan, cuss... persiapkan keperluan bayimu agar tidak ada yang terlupa sedikitpun.

Berikut ini 5 tips jitu membawa bayi saat pergi berlibur:

1. Siapkan tas khusus bayi

Taruh perlengkapan bayimu di tas khusus yang isinya hanya kepunyaan dia. Jangan di campur dengan punya orang dewasa.

Lalu, bawa semua kebutuhan bayimu dalam jumlah double untuk berjaga-jaga. Siapkan juga tas kecil yang bisa menampung kebutuhan mendasar bayi yang dapat dibawa kemana-mana.

2. Usahakan bayi kamu sedang minum ASI saat lepas landas

Saat lepas landas adalah momen yang cukup kritis buat bayi. Sebisa mungkin dia dalam posisi menyusu ke ibunya. Hal ini dilakukan agar telinga bayi tidak sakit dan ia lebih tenang dalam dekapan ibunya ketika pesawat lepas landas. 

Sebisa mungkin, tidurkan bayi saat pesawat mengudara. Jangan khawatir kalau bayimu menangis, cukup tenangkan dan kasih susu untuknya. Si ibu sebaiknya duduk di kursi dekat lorong untuk mempermudah proses evakuasi jika terjadi sesuatu.  

3. Bijak dalam pemilihan tempat berlibur

Bila cuaca terlihat kurang bersahabat, sebaiknya datanglah ke tempat yang tidak terlalu terbuka. Dengan begitu, bila tiba-tiba hujan, kamu dan bayimu bisa cepat mencari tempat berteduh. Bila terlanjur mendatangi tempat terbuka dan hujan turun, segeralah cari tempat berteduh. 

4. Selalu membawa stroller kemana-mana

Stroller merupakan saran jalan bayimu, jadi sangat perlu di bawa kemana pun kamu jalan-jalan. Membawa stroller tentu sangat membantu orangtua jika keluarga mengunjungi banyak tempat wisata saat berlibur. 

Pilihlah stroller yang membuat bayimu nyaman untuk tidur maupun duduk. Selain itu, pastikan stroller yang dibawa mudah dilipat dan remnya berfungsi dengan maksimal.

Jika kamu memilih berlibur ke luar negeri dan tidak mau repot membawa stroller di kabin pesawat, lebih baik cari informasi penyewaan stroller yang bisa di sewa harian atau mingguan sebelum berangkat.

5. Bawa Obat-obatan dan Mainan

Paracetamol, obat flu, batuk, minyak kayu putih dan obat-obatan yang sesuai dengan bayimu perlu dibawa selama perjalanan berlibur. Serta, jangan lupa membawa mainan. Agar, bayimu tidak bosan.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Astrid
Astrid

Astrid

Writer
TERKAIT DENGAN INI

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU