The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Keindahan Stadion Manahan Solo, Lokasi Penyelenggaraan ASEAN Para Games 2022
Stadion Manahan Solo. (Instagram/@stadion.manahan.solo)
Travel

Keindahan Stadion Manahan Solo, Lokasi Penyelenggaraan ASEAN Para Games 2022

Sabtu, 06 Agustus 2022 17:00 WIB 06 Agustus 2022, 17:00 WIB

INDOZONE.ID - Stadion Manahan merupakan stadion sepak bola yang berada di kota Surakarta, Jawa Tengah, Indonesia. Tahun ini, stadion Manahan kembali jadi tuan rumah ASEAN Para Games. Sebelumnya di tahun 2011 stadion indah ini juga digunakan sebagai tuan rumah ASEAN Para Games.

Stadion Manahan di Solo cukup strategis, jika dilihat dari letak geografis. Stadion ini berdiri megah di tengah-tengah pusat kota, yang dekat dengan stasiun kereta api, terminal, bandara, hotel, jalan raya dan pusat perbelanjaan.

Letaknya yang stategis, membuat stadion Manahan sebagai salah satu yang paling representatif dalam menggelar event olahraga skala nasional dan internasional.

Keindahan Stadion Manahan terlihat jelas jika dilihat dari atas. Stadion yang lengkap dengan rumput hijau membuat sangat jelas keindahan stadion.

Baca juga: ASEAN Para Games 2022: Stadion Manahan Solo Dipastikan Siap Gelar Upacara Pembukaan

Selain itu, desain stadion yang dibangun dengan model olimpik, dengan adanya lintasan atletik mengelilingi lapangan utama. Hal ini bertujuan agar stadion tidak hanya berfungsi untuk venue sepak bola saja.

Stadion Manahan Solo ini memiliki luas area komplek Stadion 170.000 m2 sementara luas bangunan stadion 33.300 m2, dengan luas tersebut stadion bisa menampung 25.000 penonton.

stadion manahan solo
Stadion Manahan Solo. (Instagram/@stadion.manahan.solo)

Stadion Manahan Surakarta ini merupakan persembahan dari yayasan Ibu Tien Soeharto. Pembangunannya dimulai pada tahun 1989. Butuh waktu 9 tahun untuk mengubah lahan kosong menjadi Stadion Manahan kokoh bangunan. Dan tepat pada hari Sabtu 21 Februari 1998, stadion Manahan akhirnya diresmikan oleh Presiden Republik Indonesia, H.M.Soeharto.

Stadion ini terletak di pusat kota Solo, tepatnya di Jalan Adi Sucipto, Manahan, Banjarsari, Solo. Berjarak 9 kilometer dari Bandara Internasional Adisumarmo.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fahrizal Daulay
Fitri
Fitri

Fitri

Writer
JOIN US
JOIN US