The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

4 Rekomendasi Tempat Wisata di Jakarta yang Cocok Dikunjungi saat  HUT RI
Tempat wisata di Jakarta. (TikTok/@naknganggur)
Travel

4 Rekomendasi Tempat Wisata di Jakarta yang Cocok Dikunjungi saat HUT RI

Jumat, 12 Agustus 2022 09:00 WIB 12 Agustus 2022, 09:00 WIB

INDOZONE.ID - Hanya beberapa hari lagi masyarakat Indonesia akan merayakan Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-77, pada Rabu 17 Agustus 2022.

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk merayakan Hari Kemerdekaan RI, misalnya saja ikut serta dalam perlombaan 17 Agustus atau mengunjungi tempat-tempat bersejarah di Indonesia.

Nah, buat kamu yang berencana menghabiskan libur 17-an dengan mengunjungi tempat wisata, beberapa tempat ini mungkin bisa jadi rekomendasi.

Tak hanya murah, tempat wisata ini juga cukup keren untuk mengabadikan beberapa foto di Hari Kemerdekaan RI. Bahkan salah satu tempat wisata rekomendasi Indozone yang sudah dirangkum dari berbagai sumber, tidak dipungut biaya alias gratis.

Berikut ini rekomendasinya:

1. Perpustakaan Nasional Republik Indonesia

Perpustakaan Nasional Republik Indonesia merupakan salah satu tempat wisata yang cocok untuk kamu kunjungi di Hari Kemerdekaan RI. Selain menikmati beberapa buku keren yang bisa dibaca, perpustakaan nasional ini juga enggak kalah keren.

Baca juga: Pameran Seni Rupa Potret Kyai, Berikut Foto-fotonya

Desain Perpustakaan Nasional RI ini bikin siapa saja betah menghabiskan waktu di sana. Dari perpustakaan ini juga kamu bisa melihat indahnya Monas dan kota Jakarta.

Tarif untuk masuk ke dalam gedung 24 lantai itu gratis. Jadi, kamu tidak perlu risau dengan biaya yang harus dikeluarkan. Saat di sana jangan lupa baca buku sejarah Indonesia ya!

@naknganggur

Ada Lagi Rekomendasi Tempat Bagus di Jakarta, Gratis! #enjoyjakarta #placetogojkt

? High School in Jakarta - NIKI

2. Transposisi Museum Kebangkitan Nasional

Tempat wisata lainnya yang bisa kamu kunjungi di Hari Kemerdekaan RI ialah Transposisi Museum Kebangkitan Nasional.

Pameran MANIFESTO merupakan pameran yang diinisiasi oleh Galeri Nasional Indonesia secara konsisten setiap dua tahun sekali. Pameran ini bertujuan untuk memetakan perkembangan seni rupa di Indonesia.

Pameran ini pertama kali diselenggarakan pada tahun 2008 dalam rangka menyambut peringatan 100 tahun Hari Kebangkitan Nasional. Tahun ini, pameran diselenggarakan mulai 27 Juli sampai 26 Agustus 2022.

Pameran ini digelar di dua tempat: Gedung A Galeri Nasional Indonesia, buka setiap hari (kecuali libur nasional) pukul 10.00 – 19.00 WIB dan Museum Kebangkitan Nasional, buka setiap hari (kecuali hari libur nasional), pukul 08.00 – 16.00 WIB. Untuk biaya tiket masuk hanya Rp 2.000.

@naknganggur

Nah Rekomendasi Tempt Bagus di Jakarta, Cuma 2 ribu! #enjoyjakarta #placetogojkt

? sonido original - o

3. Planetarium

Planetarium Jakarta merupakan sebuah tempat rekreasi di Jakarta yang menghadirkan atraksi wisata tematik astronomi dan perbintangan. Tempat ini dibangun atas usulan para ahli astronomi ITB.

Pembangunannya sendiri terjadi sekitar tahun 1964 dan baru rampung dan diresmikan tahun 1968. Adapun daftar wahana yang ada di planetarium ini antara lain Teater Bintang, Teleskop Observatorium, dan ruang pameran.

Planetarium ini juga telah mempunyai fasilitas-fasilitas yang dapat dimanfaatkan oleh para pengunjung. Fasilitas-fasilitas ini tergolong memadai sehingga membuat para pengunjung sangat nyaman.

Planetarium jakarta
Planetarium. (Instagram/@planetariumjkt)

4. Museum sejarah Jakarta

Merayakan Hari Kemerdekaan RI kamu bisa mengunjungi Museum Sejarah Jakarta. Museum ini terletak di Jalan Taman Fatahillah No.1, Jakarta Barat.

Museum Oud Batavia ini menonjolkan peninggalan-peninggalan Belanda yang bermukim di Batavia sejak awal abad XVI.

Museum Oud Batavia ini adalah sebuah lembaga swasta yang berada dibawah naungan Koninklijk Bataviaasch Genootschap van Kunsten en Wetenschappen (Ikatan Batavia untuk Seni dan Ilmu Pengetahuan) yang didirikan pada tahun 1778 yang berjasa juga dalam mendirikan Museum Nasional.

Pada masa kemerdekaan, Museum Oud Batavia berubah nama menjadi Museum Djakarta Lama dibawah naungan LKI (Lembaga Kebudayaan Indonesia) dan pada tahun 1968 Museum Djakarta Lama diserahkan kepada Pemda DKI Jakarta.

Setelah Museum Sejarah Jakarta diresmikan pada tanggal 30 Maret 1974, maka seluruh koleksi dari Museum Djakarta Lama dipindahkan ke Museum Sejarah Jakarta dan ditambah dengan koleksi dari Museum Nasional.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Dina Agustina
Fitri
Fitri

Fitri

Writer
JOIN US
JOIN US