The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Melihat Festival Menara Manusia Terbesar di Spanyol, Tradisi Ekstrem Berhadiah Rp200 Juta
Festival Menara Manusia di Spanyol. (REUTERS/Albert Gea)
Travel

Melihat Festival Menara Manusia Terbesar di Spanyol, Tradisi Ekstrem Berhadiah Rp200 Juta

Tingginya bisa mencapai 13 meter.

Senin, 17 Oktober 2022 19:35 WIB 17 Oktober 2022, 19:35 WIB

INDOZONE.ID - Spanyol memiliki tradisi unik, yaitu Festival Menara Manusia atau disebut Castells menurut bahasa setempat. Festival ini merupakan bagian dari festival La Merce, Barcelona. Menariknya, tradisi membangun menara manusia ini sudah ada sejak abad ke-18.

Festival Menara Manusia terbesar di Spanyol tahun ini diadakan di Kota Tarragona. Disebut Festival Menara Manusia karena acara ini melibatkan orang-orang yang membuat menara hingga ketinggiannya mencapai 10 tingkat atau sekitar 13 meter.

Festival Menara Manusia yang diadakan setiap 2 tahun sekali ini biasanya dihadiri beberapa tim untuk bersaing membangun menara tertinggi. Ini menjadi challenge yang unik, sebab tidak ada penyangga apa pun selama peserta membangun menaranya.

festival menara manusia di Spanyol
festival menara manusia di Spanyol. (REUTERS/Albert Gea)

Baca juga: Festival Lampion Seoul, Acara Musim Gugur yang Menarik 3 Juta Pengunjung Setiap Tahun

Tidak hanya dinilai dari keterampilan, penilaian juga dilihat dari bagaimana peserta turun dengan aman. Festival ini cukup esktrem, sehingga hadiahnya pun nilainya juga fantastis, yaitu sekitar Rp200 juta.

festival menara manusia di spanyol
Castellers De Vilafranca jatuh saat mereka membentuk menara manusia yang disebut "castell" selama kompetisi menara manusia dua tahunan di Tarragona, Spanyol, 2 Oktober 2022. (REUTERS/Albert Gea)

Baca juga: Kilyos, Dulu Desa Nelayan, Kini Jadi Tempat Healing dan Rumah Festival Musik Internasional

Tidak semua orang mampu menciptakan menara tinggi tanpa bantuan penyangga. Bahkan, sekitar puluhan peserta pernah berjatuhan dari ketinggian sampai harus menerima perawatan medis.

Indonesia sendiri sebenarnya punya tradisi serupa yang rutin diadakan setahun sekali yaitu panjat pinang. Hanya saja tradisi versi Indonesia pakai penyangga seperti batang pohon.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Dina Agustina
JOIN US
JOIN US