The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Mengintip Isi Rumah Advokat yang Jadi Destinasi Wisata, Dulunya Kebun Bambu!
Rumah advokat jadi lokasi wisata (Eko Primaryanto/Z Creators)
Travel

Mengintip Isi Rumah Advokat yang Jadi Destinasi Wisata, Dulunya Kebun Bambu!

Rabu, 20 Juli 2022 18:18 WIB 20 Juli 2022, 18:18 WIB

INDOZONE.ID - Omah Trasan merupakan penginapan sekaligus tempat wisata unik berkonsep tradisional Jawa. Ornamen dan interiornya sangat etnik, klasik!

Nuansa tradisional Jawa sangat kental terasa ketika kamu memasuki area wisata Omah Trasan. Lokasinya di tengah permukiman penduduk di Desa Trasan, Kecamatan Juwiring, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah.

Deretan rumah dengan konsep semi terbuka dengan hiasan ornamen kuno ini membuat Omah Trasan semakin menarik untuk disambangi.

omah trasan
Penginapan berkonsep tradisional Jawa (Eko Primaryanto/Z Creators)

Masuk lebih dalam, kamu bakal disambut sama gamelan Jawa yang jadi satu di antara fasilitas di obyek wisata ini. Selain oleh pengelola, gamelan ini juga bisa dimainkan oleh wisatawan maupun tamu yang menginap.

Pepohonan jati dan rerumputan menghadirkan suasana sejuk saat kamu berada di kawasan ini. Bentuk rumah tradisional model limasan berbahan kayu jati berjajar apik.

omah trasan
Rumah unik berkonsep etnik (Eko Primaryanto/Z Creators)

Ayunan, meja-kursi, becak, gerobak sapi, patung patung dan berbagai benda kuno ditempatkan sebagai hiasan interior dan eksteriornya.

Sebenarnya kawasan ini dulunya merupakan rumah pribadi seorang advokat bernama Kismosarjono. Oleh sang advokat, tempat ini awalnya diperuntukan sebagai rumah singgah atau rumah berlibur ketika keluarga besarnya mudik ke Klaten.

omah trasan
Spot foto untuk wisatawan (Eko Primaryanto/Z Creators)

Sebelum menjadi estetik seperti saat ini, komplek hunian ini merupakan kebun bambu, kemudian 2005 lalu anak dari advokat membangun kawasan kebun menjadi rumah berkonsep tradisional.

Karena ada yang mengunggahnya di media sosial, banyak orang yang penasaran. Tempat ini pun sempat viral, hingga banyak orang ingin berkunjung. Maka sejak 2018 tempat ini dibuka untuk umum.

omah trasan
Spot foto untuk wisatawan (Eko Primaryanto/Z Creators)

Saat ini Omah Trasan berfungsi sebagai resort dan penginapan, wedding venue, pre-wedding maupun pertemuan. Untuk menginap di sini, siapkan kocek mulai Rp400 ribu sampai Rp1 juta per malam. Sedangkan untuk tempat pernikahan, harga sewanya mulai dari Rp6 juta.

Omah Trasan buka setiap hari mulai jam 08.00- 17.00 WIB.

Bikin cerita serumu dan dapatkan berbagai reward menarik! Let’s join Z Creators dengan klik di sini.

Z Creators
Z Creators

TAG
Rini Puspita
Eko Primaryanto
Eko Primaryanto

Eko Primaryanto

Community Writer
JOIN US
JOIN US