The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Wisatawan Ungkap Kondisi Miris Istana Maimun Medan, Barang Berdebu dan Ada Jemuran Kain
Istana Maimun di Medan, Sumut (Google Maps)
Travel

Wisatawan Ungkap Kondisi Miris Istana Maimun Medan, Barang Berdebu dan Ada Jemuran Kain

Jumat, 08 Oktober 2021 18:14 WIB 08 Oktober 2021, 18:14 WIB

INDOZONE.ID - Seorang wisatawan tak membayangkan perjalanannya mengunjungi Istana Maimun di Sumatera Utara justru berakhir mendapat pengalaman yang miris.

Dia mengaku miris melihat kondisi salah satu bangunan cagar budaya peninggalan Kesultanan Melayu Deli di Kota Medan itu tampak tidak terawat.

Hal itu diungkap oleh seorang wisatawan pemilik akun Twitter @mwv_mystic. Dia mengungkapkan kondisi Istana Maimun yang mengkhawatirkan melalui sebuah utasan yang diunggahnya beberapa waktu lalu.

"Hari ini gw ke cagar budaya Istana Maimun di Medan. Dalam bayangan gw, disana gw akan dapat info Kerajaan Deli, melihat benda2 peninggalan kerajaan dll. Nyatanya, yg gw temukan malah warung dan jasa sewa kostum yang menutupi nilai bersejarah lokasi ini," tulis dia dikutip Indozone, Jumat (8/10/2021).

Awalnya, dia mengira di dalam Istana Maimun dia akan diperlihatkan oleh foto-foto para Sultan Deli terdahulu atau barang-barang peninggalan Kesultan Deli yang masih bersisa.

Dia membayangkan Istana Maimun itu persis seperti Ulen Sentalu Museum yang berada di Yogyakarta.

Perkiraan itu ternyata salah. Dia justru mendapati ada banyak orang-orang yang berjualan souvenir dan layanan jasa sewa kostum adat di dalam istana tersebut.

istana maimun
(Twitter/@mwv_mystic)

Untungnya, menurut dia, para pedagang di dalam istana tersebut tidak terlalu ngotot menawarkan jualan dan jasa sewa kostum.

"Ketika gw masuk, dikiri kanan adalah orang2 yang berjualan pernak pernik dan sewa kostum. Iya, di dalam istana. Beruntungnya tadi para pedagang tidak menggebu buat nawarin sewa dan jualannya," ungkap dia.

Selain kurangnya pameran peninggalan bersejarah, hampir seluruh barang di dalam Istana Maimun dalam kondisi berdebu dan tidak terawat.

Bahkan, kondisi lebih parah ditemukannya di luar istana tersebut. Dia mendapati ada banyak barang-barang yang tak terduga yang seharusnya tidak ada di dalam sebuah kompleks cagar budaya.

"Memang, ada beberapa foto yg dipajang, bangku dan lain lain. Tapi informasinya bener2 minim. Hampir semua sudah berdebu dan gak terawat," kata dia.

"Kita pun jalan keluar. Mungkin pamerannya di bawah. Tapi pas kita ke bawah, (maaf)istana ini malah lebih parah lagi. Tumpukan material pesta (?) bangku2 rusak, gulungan kawat, bahkan jemuran berkibar2 di bagian bawah.. Kecewa. Banget," lanjut dia.

istana maimun
Bagian luar Istana Maimun (Twitter/@mwv_mystic)

Kemudian dia mengunggah video yang memperlihatkan salah satu ruangan yang ada di Istana Maimun. Dalam video itu, dia memperlihatkan bangku-bangku yang sudah usang serta lukisan-lukisan yang sobek.

Selain itu, terdapat juga barang-barang peninggalan berupa senjata tajam yang tampak tidak terawat.

Diketahui, Istana Maimun merupakan Istana Kesultanan Deli yang dibangun pada tahun 1888 ketika Kesultanan Deli mencapai puncak kejayaan saat berada di bawah kepemimpinan Sultan Makmun Al Rasyid Perkasa Alamsyah.

Bangunan yang memiliki luas sebesar 2.772 m2 itu dirancang oleh seorang arsitek dari Italia. Istana dibangun dengan memadukan aristektur Melayu, Islam, Spanyol, India dan Italia.

Kini, bangunan yang berada di Jalan Brigadir Jenderal Katamso, Kota Medan itu berubah menjadi situs cagar budaya.

Istana Maimun dikelola oleh Yayasan Sultan Ma’moen Al Rasyid, yayasan yang didirikan oleh Sultan Azmi Perkasa Alam Shah beserta keluarganya pada tahun 1982 untuk mengelola Istana Maimun.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fahrizal Daulay
Nanda
Nanda

Nanda

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US