The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Masjid Cantik bak di Spanyol Ini Konon Dibangun dalam Semalam! Benarkah?
Salah satu masjid mewah di Malang, Jawa Timur (Bhekti Setyowibowo/IDZ Creators)
Travel

Masjid Cantik bak di Spanyol Ini Konon Dibangun dalam Semalam! Benarkah?

Rabu, 06 April 2022 23:30 WIB 06 April 2022, 23:30 WIB

INDOZONE.ID - Masjid Tiban merupakan salah satu destinasi wisata religi di Malang, Jawa Timur. Masjid ini terletak di dalam Pondok Pesantren Salafiyah Bihaaru Bahri' Asali Fadlaailir Rahman. Wujudnya berbeda dari masjid kebanyakan karena didominasi ornamen warna biru dan putih. Sentuhan kaligrafi menghiasi seluruh dinding masjid. Gaya Arsitektur masjid ini perpaduan dari tiga kebudayaan yaitu Timur Tengah, China, dan modern.

Kalau diperhatikan, ornamen keramik di dinding masjid mirip objek wisata di Spanyol karya seniman Antoni Gaudi, yaitu Park Guell. Park Guell juga banyak menggunakan mosaik keramik.

masjid tiban
Gerbang Masjid Tiban di Malang (Bhekti Setyowibowo/IDZ Creators)

Di balik keindahannya, Masjid Tiban konon dibangun dalam semalam oleh pasukan jin. Benarkah? Kurun waktu yang cukup singkat inilah yang melatar belakangi penamaan Masjid Tiban (Jawa) yang artinya tiba tiba ada. Tapi, hal ini dibantah sama pengurus masjid. Julukan masjid tiban, kesannya mendadak jadi padahal sebenarnya masjid ini dibikin selama 10 tahun.

masjid tiban
Masjid dari tampak depan (Bhekti Setyowibowo/IDZ Creators)

Didesain khusus oleh pendirinya, KH. Ahmad Bahru Mafdlaluddin Shaleh Al-Mahbub Rahmat Alam dengan sangat megah,  Masjid Tiban ternyata sudah di bangunan sejak 1978 dan baru dibuka untuk umum setelah setengah jadi. Dana yang digunakan pun hasil swadaya dan donasi dari para jemaah dan orang tua santri.

Pembangunan masjid dilakukan secara gotong royong oleh 325 santri yang menetap di lingkungan pesantren.

masjid tiban
Salah satu lorong masjid yang megah (Bhekti Setyowibowo/IDZ Creators)

Terlepas dari semua mitos negatif tersebut, Masjid Tiban Turen ini menjadi ikon wisata religi yang wajib dikunjungi saat berkunjung ke Kabupaten Malang. Selain itu karena keindahan dan kemegahannya, masjid yang berada di tengah permukiman padat penduduk ini sering jadi tujuan favorit wisatawan non muslim.

masjid tiban
Bagian paling tinggi Masjid Tiban (Bhekti Setyowibowo/IDZ Creators)

Masjid Tiban menjulang tinggi karena dibangun sampai 10 lantai. Setiap lantai punya fungsi masing-masing. Kompleks masjid juga punya halaman yang sangat luas, lengkap sama area parkir, toilet, toko souvenir sampai tempat istirahat untuk jemaah pria dan wanita. Luas banget!

masjid tuban
Salah satu gerai souvenir (Bhekti Setyowibowo/IDZ Creators)

Meski berada di permukiman padat penduduk, Masjid Tiban sangat mudah dijangkau. Masjid ini terletak di Jalan KH. Wahid Hasyim Gang Anggur Nomor 10, Desa Sananrejo, Kecamatan Turen, Malang, Jawa Timur.

Bikin cerita serumu dan dapatkan berbagai reward menarik! Let’s join IDZ Creators dengan klik di sini 

IDZ Creators
IDZ Creators

TAG
Rini Puspita
Bhekti Setyowibowo
Bhekti Setyowibowo

Bhekti Setyowibowo

Community Writer
TERKAIT DENGAN INI
JOIN US
JOIN US