The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Di Masa New Normal, Calon Penumpang Diminta untuk Datang 4 Jam Sebelum Penerbangan
Petugas karantina meminta dokumen kesehatan para pemudik Warga Negara Indonesia (WNI) saat tiba di terminal kedatangan internasional Bandara Kualanamu Kabupaten Deliserdang, Sumatera Utara. (ANTARA FOTO/Septianda Perdana)
Travel

Di Masa New Normal, Calon Penumpang Diminta untuk Datang 4 Jam Sebelum Penerbangan

Selasa, 02 Juni 2020 11:02 WIB 02 Juni 2020, 11:02 WIB

INDOZONE.ID - Direktur Utama PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin mengatakan, di masa new normal nanti, calon penumpang diimbau untuk datang tiga atau empat jam ke bandara sebelum penerbangan.

Pasalnya, akan ada sejumlah pemeriksaan dokumen maupun kesehatan untuk menyesuaikan kondisi new normal.

“Saat ini, kami memang mengimbau calon penumpang untuk datang ke bandara tiga sampai empat jam sebelum penerbangan karena ada mekanisme pemeriksaan atau ‘screening’,” ujar Awaluddin di Jakarta, Senin (1/6/2020).

Selain itu, calon penumpang harus melewati sejumlah titik pemeriksaan (check point). Pertama adalah verifikasi dokumen dan kedua adalah pemeriksaan kesehatan.

penerbangan empat jam sebelum
Petugas memeriksa kesehatan calon penumpang sebelum pemberangkatan di Terminal 2 Bandara Soekarno Hatta. (ANTARA FOTO/Fauzan)

“Untuk memastikan keabsahan dokumen ada dua hal, dari pihak yang menebitkan dan yang memverifikasinya. Dua hal ini harus terpenuhi. Diverifikasi oleh pihak yang berkompeten untuk memvalidasi. Kalau dua-duanya dijalankan dengan benar pasti absah," jelasnya.

Awaluddin menambahkan, saat ini pihaknya tengah melakukan simulasi proses pra-penerbangan, dengan maskapai di masa new normal ini dapat berjalan lancar.

Namun, ia akan mempercepat proses melalui digitalisasi sehingga kepastian seseorang dapat terbang atau tidak bisa diketahui dengan cepat dan waktu yang digunakan lebih efektif.

“Karena konsepnya menggunakan konsep baru pembatasan dan pengendalian, ada metode ‘screening’ dan pemeriksaan yang hal ini bisa disolusikan dengan cepat dan efektif melalui digitalisasi,” ujarnya

Dengan begini kata Awaluddin, pihaknya bisa memotong waktu yang dibutuhkan untuk serangkaian pemeriksaan tersebut. Ia berharap, mekanisme itu bisa berjalan dengan baik sebelum tanggal 7 Juni 2020.

“Tapi paling tidak dua jam atau satu jam saja, sehingga lebih pasti dan minimum ‘connecting time’ dari calon penumpang di bandara lebih terukur. Kondisi inilah yang kita sedang gagas dengan maskapai, bahwa prosedur dan mekanisme ini harus berjalan,”  lanjutnya.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Zega
Putri
Zega

Zega

Editor
Putri

Putri

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US