The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Monkey Forest Ubud, Wisata Unik di Bali yang Dianggap Keramat oleh Warga Sekitar
Monkey Forest Ubud. (Z Creators/Neni Virginia)
Travel

Monkey Forest Ubud, Wisata Unik di Bali yang Dianggap Keramat oleh Warga Sekitar

Kamis, 01 Desember 2022 09:51 WIB 01 Desember 2022, 09:51 WIB

INDOZONE.ID - Ubud memang menampilkan sisi lain dari wisata Bali. Enggak cuma pemandangan pantai indahnya yang berhasil memanjakan mata, kawasan ini juga dikenal sebagai pusat budaya dan wisata alam yang jarang dijumpai di tempat lainnya. 

Salah satunya Ubud Monkey Forest yang dikelilingi oleh tumbuhan dan persawahan hijau. Jika berkunjung ke tempat ini, kamu akan merasakan suasana yang berbeda karena akan lebih dekat dengan alam.

monkey forest ubud
Pura di dalam Monkey Forest Ubud. (Z Creators/Neni Virginia)

Saat memasuki wilayah Ubud Monkey Forest, suasana sakral pun akan terasa. Hal ini dikarenakan hutan ini punya tiga pura suci, yaitu Pura Dalem Agung Padangtegal, Pura Prajapati (Cremation Temple), dan Pura Beji (The Holy Spring Temple). 

Maka enggak heran, jika hewan yang mendiami tempat ini pun dianggap keramat oleh penduduk setempat. Enggak cuma pura, di sini juga ada kolam suci dan candi yang sering dijadikan lokasi upacara kremasi. 

monkey forest ubud
Monkey Forest Ubud. (Z Creators/Neni Virginia)

Sebagai area keramat, wisatawan yang berkunjung ke tempat ini selalu dihimbau untuk menjaga ketenangan dan perilaku, tidak memasuki area pura, serta tidak mengganggu peribadatan umat Hindu Bali. 

Monkey Forest Ubud menyajikan berbagai fasilitas yang membuat liburan kamu akan semakin berkesan. Mulai dari Open Stage, Main Temple, Dragon Stair atau Tangga Naga, Center Point, Exhibition Hall, Holly Pool, Tree Adoption, Holy Spring Temple, dan masih banyak lagi. Tempat wisata ini mulai beroperasi pada pukul 08.30-18.00 WITA. 

monkey forest
Suasana di dalam Monkey Forest Ubud. (Z Creators/Neni Virginia)

Nah, untuk pembelian tiket, hanya diperbolehkan on the spot dan selambat-lambatnya pada pukul 17.30 WITA. Sementara, jam kunjungan yang paling direkomendasikan, yakni sekitar pukul 14.00 WITA, di mana saat itu monyet-monyet telah diberi makan oleh petugas sehingga relatif mengurangi sikap agresifnya. 

Baca juga: Air Terjun Sumampan, Tercipta dari Irigasi Bocor Jadi Hidden Gem di Ubud!

monkey forest ubud
Monyet di Monkey Forest Ubud  agresif. (Z Creators/Neni Virginia)

Harga tiket masuknya sendiri terbilang cukup terjangkau. Bagi orang dewasa, hanya perlu mengeluarkan uang tiket sebesar Rp80 ribu per orang. Sedangkan anak-anak dengan rentang usia 3-12 tahun, cukup membayar Rp60 ribu per orang. 

Terdapat juga biaya parkir sebesar dua ribu rupiah bagi kendaraan bermotor dan seribu rupiah setiap satu jam berikutnya. Sementara untuk mobil, wajib membayar Rp5 ribu pada satu jam pertama dan Rp2 ribu untuk setiap satu jam berikutnya. 

Artikel menarik lainnya: 

Bikin cerita serumu dan dapatkan berbagai reward menarik! Let’s join Z Creators dengan klik di sini.

Z Creators
Z Creators
TAG
Yayan Supriyanto
Neni Virginia
Neni Virginia
Community Writer
JOIN US
JOIN US