Keindahan Wisata Belitung yang Memikat Hati
Instagram/alinda_gt
Travel

Keindahan Wisata Belitung yang Memikat Hati

Tempat wisata Belitung paling terkenal keindahannya

Astrid
Minggu, 14 Juli 2019 07:32 WIB 14 Juli 2019, 07:32 WIB

Belitung terkenal dengan keindahan wisata alamnya yang memikat hati ribuan wisatawan untuk berkunjung ke pulau ini. Keindahan tempat wisata belitung makin tersohor ketika pulau ini menjadi latar tempat dari film yang cukup fenomenal, laskar pelangi. 

Maka tak heran apabila saat ini banyak orang menyebut pulau belitung sebagai negeri laskar pelangi untuk yang ingin wisata belitung. Karena belitung merupakan sebuah pulau, maka tempat wisata andalan yang ada di belitung adalah pantainya yang terkenal indah dan memiliki karakteristik yang dapat membedakannya dengan pantai-pantai lain yang ada di Indonesia.

Jika kamu pernah menonton film laskar pelangi, tentu kamu tahu salah satu keunikan yang ada di pantai belitung. Selain dikenal dengan pulau negri laskar pelangi, Pulau Belitung ini akan memanjakan kamu yang gemar dengan olahraga laut seperti diving, snorkeling, berenang dan lain sebagainya.

Untuk menikmati keindahan obyek wisata belitung kamu dapat menempuh dua pilihan transportasi menuju pulau ini. Pertama lewat jalur udara, jaraknya sekitar 1 jam perjalanan dari jakarta. Kedua lewat jalur darat, yang tentu jarak tempuhnya yang jauh lebih lama dari pada jalur udara. 

Berikut rekomendasi beberapa obyek wisata yang harus dikunjungi di Pulau Belitung. Tempat-tempat wisata berikut merupakan tempat wisata paling terkenal diantara wisata belitung lainnya.

1. Pantai Tanjung Tinggi

Kamu tahu adegan di film laskar pelangi saat anak-anak sd muhammadiyah belajar dan bermain di pantai? Mereka bermain dan belajar di pantai ini, pantai tanjung tinggi. Keindahan pantai tanjung tinggi terletak pada pasirnya yang sangat putih serta airnya yang jernih. Selain itu, batu granit yang berjejer di pinggir pantai merupakan ciri khas dari pantai belitung, dan batu granit yang ada di pantai tanjung tinggi merupakan batu-batu yang paling besar diantara pantai lain.

2. Pantai Tanjung Kelayang

Pantai tanjung kelayang terletak di desa keciput, sijuk, Belitung. Pantai ini pernah menjadi tuan rumah sail belitong tahun 2011. Keindahan pantai ini sudah terkenal di seantero belitung, bahkan Indoesia. Ciri khas pantai ini sama seperti pantai-pantai belitung lainnya. Pasir putih, air jernih, serta batu-batu grait yang bertebaran di pinggi pantai hingga laut. Nama kelayang sendiri diambil dari nama burung, karena di pantai ini terdapat batu granit yang mirip dengan burung kelayang.

3. Pulau Lengkuas

Banyak yang bependapat bahwa tempat terbaik, terindah, dan paling khas dari wisata belitung adalah Pulai Lengkuas. Kamu dapat mencapai pulau ini dengan menggunakan perahu nelayan dari pantai tanjung kelayang dengan perjalanan kurang lebih 30 menit. Begitu sampai di pulau lengkuas ini, kamu akan disuguhi pemandangan yang tidak biasa, batu-batu granit seolah bertebaran begitu saja di tengah laut, menjadikan pulau ini menjadi sangat khas.

Di pulau ini juga terdapat mercusuar yang sangat tinggi dan masih berfungsi. Tingginya sekitar 12 lantai. Apabila memiliki cukup energi, kamu wajib menaiki mercusuar ini untuk melihat pemandangan menakjubkan yang ada di sekitar. Hamparan pasir putih, laut biru, dipadu dengan batu granit yang bertebaran indah. Pemandangan 360 derajat dapat kamu lihat melalui mercusuar ini ke sekeliling pulau.

Itulah beberapa tempat wisata di Belitung yang paling terkenal keindahannya. Sebenarnya masih banyak obyek wisata lainnya yang tak kalah indah, seperti pantai tanjung pendam, pulau burung, pantai tanjung kiras, pantai marina, pantai teluk gembira, pantai tanjung pesona, pulau batu dinding, bukit perahu, tanjung binga, dan puluhan destinasi lainnya. 

Kamu tinggal pilih saja wisata Belitung yang ingin dikunjungi. Tiga tempat wisata di atas merupakan tempat yang paling rekomendasi.

    Editor Media

    Astrid

    Editor