The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Kawasan Ini Pernah jadi Tempat Peristirahatan Keluarga Kerajaan, Dijuluki Swiss van Java!
Kawasan wisata berhawa sejuk (Hasan Syamsuri/IDZ Creators)
Travel

Kawasan Ini Pernah jadi Tempat Peristirahatan Keluarga Kerajaan, Dijuluki Swiss van Java!

Senin, 16 Mei 2022 12:47 WIB 16 Mei 2022, 12:47 WIB

INDOZONE.ID - Kebanyakan orang tahu, kawasan Songgoriti, Kelurahan Songgokerto, Kota Batu, Jawa Timur adalah pusatnya villa. Namun enggak banyak yang tahu kalau ternyata kawasan Songgoriti punya cerita masa lalu yang menarik untuk disimak.

Konon, pada abad ke-10, wilayah Kota Batu sudah dikenal sebagai tempat peristirahatan bagi kalangan keluarga kerajaan. Sebab wilayah Kota Batu yang merupakan daerah pegunungan, punya pemandangan alam yang indah dan udara yang sejuk.

Sehingga sangat cocok dan nyaman untuk dijadikan tempat peristirahatan.

kawasan wisata songgoriti
Kawasan wisata Songgoriti yang sejuk dan nyaman (Hasan Syamsuri/IDZ Creators)

Pada masa pemerintahan Mpu Sindok atau Raja Sindok, seorang petinggi kerajaan bernama Mpu Supo diperintah Raja Sindok untuk membangun tempat peristirahatan keluarga kerajaan di daerah pegunungan yang didekatnya terdapat mata air. Mpu Supo pun akhirnya menemukan suatu kawasan yang saat ini dikenal sebagai Songgoriti.

candi songgoriti
Candi yang dibangun di Kawasan Songgoriti (Hasan Syamsuri/IDZ Creators)

Raja Sindok adalah raja pertama Kerajaan Mataram Kuno periode Jawa Timur, atau sering disebut Kerajaan Medang. Ia juga yang telah memindahkan pusat pemerintahan dari Jawa Tengah ke Jawa Timur. Setelah naik tahta pada 929 M, Raja Sindok menyandang gelar Sri Maharaja Rakai Hino Sri Isyana Wikramadharmottunggadewa dan berkuasa hingga 947 M.

songgoriti
Terletak di daerah pegunungan nan asri (Hasan Syamsuri/IDZ Creators)

Atas persetujuan Raja, Mpu Supo yang konon sakti mandraguna, mulai membangun kawasan Songgoriti sebagai tempat peristirahatan keluarga kerajaan. Di sini Mpu Supo juga membangun sebuah candi yang diberi nama Candi Supo, atau yang kini dikenal sebagai Candi Songgoriti.

Sesuai perintah raja, di kawasan ini, tepatnya di dekat candi terdapat sumber mata air alami.

songgoriti
Dekat dengan sumber mata air alami (Hasan Syamsuri/IDZ Creators)

Setelah beberapa abad berlalu, hingga saat ini, kawasan Songgoriti masih tetap menjadi tempat peristirahatan. Namun kini untuk para wisatawan. Karena itu banyak villa berdiri di kawasan ini. Jumlah totalnya sekitar 325 villa yang terdaftar di paguyuban.

Bisnis villa ini bahkan telah menjadi sandaran hidup utama bagi warga setempat untuk mengais rezeki.

villa songgoriti
Bisnis villa jadi sandaran hidup warga (Hasan Syamsuri/IDZ Creators)

Konon, nama Songgoriti sendiri didasarkan pada letak dari kawasan tersebut. Songgoriti letaknya dikelilingi oleh hutan dan di bawah pegunungan. Kawasan dusun ini pun akhirnya dinamakan Songgoriti yang berasal dari kata Songgo yang artinya menyangga, dan Riti yang artinya tanah atau gunung. Sehingga Songgoriti berarti menyangga gunung.

Bikin cerita serumu dan dapatkan berbagai reward menarik! Let’s join IDZ Creators dengan klik di sini.

IDZ Creators
IDZ Creators

TAG
Rini Puspita
Hasan Syamsuri
Hasan Syamsuri

Hasan Syamsuri

Community Writer
JOIN US
JOIN US