Berkunjung ke Yogyakarta, Jangan Sampai Lewatkan Indahnya Taman Sari
Instagram/@joseluvena
Travel

Berkunjung ke Yogyakarta, Jangan Sampai Lewatkan Indahnya Taman Sari

Jumat, 06 Desember 2019 14:29 WIB 06 Desember 2019, 14:29 WIB

INDOZONE.ID - Salah satu provinsi di Indonesia yang dikenal dengan keindahan alamnya ialah Yogyakarta. Provinsi di Jawa Tengah ini memiliki segudang keindahan alam dan kuliner yang akan membuat orang nyaman berlama-lama di daerah ini.

Salah satu keindahan yang bisa kita saksikan dan juga menjadi ikon Yogyakarta ialah Candi Borobudur. Candi Budha terbesar dan terlengkap di dunia ini bahkan masuk dalam daftar Warisan Dunia UNESCO.

Selain Candi Borobudur, ada banyak destinasi wisata lainnya yang bisa dikunjungi di Yogayakarta, salah satunya ialah Taman Sari.

Taman Sari Yogyakarta ini adalah bangunan bersejarah milik kesultanan Yogyakarta yang digunakan sebagai destinasi wisata.

Wisata Taman Sari Yogyakarta sendiri terletak 2 km ke arah selatan dari Keraton Yogyakarta, tepatnya di Jalan Tamanan, Patehan Keraton, Kota Yogyakarta. Keindahan bangunan berasitektur ala Portugis, menjadikan Taman Sari sebagai tempat yang wajib untuk dikunjungi saat berlibur di Yogyakarta.

Bangunan di Taman Sari ini sendiri dibangun pada abad ke-18 oleh Tumenggung Mangundipura. Saat itu, Tumenggung Mangundipura diperintahkan oleh Sultan Hamengkubuwana I, Sultan pertama dari Keraton Jogjakarta untuk pergi ke Batavia.

Sejak kembali dari Batavia, Tumenggung Mangundipura menyelesaikan pembangunan Taman Sari yang terdiri dari 59 bangunan, yang meliputi Masjid, ruang meditasi atau semedi, kolam renang dan beberapa taman air didalamnya.

Untuk masuk ke Taman Sari ini, kamu nggak perlu merogoh kocek yang terlalu mahal. Satu turis domestik hanya dikenakan biaya sebesar Rp5 ribu, sedangkan untuk wisatawan asing dikenai biaya Rp7 ribu. Buat kamu yang membawa kamera, akan dikenakan biaya tambahan sebesar Rp2 ribu.

Berikut ini lima spot menarik di Taman Sari yang sayang banget buat dilewatkan. Dijamin deh, foto di spot tersebut bakal buat feed Instagram kamu semakin kece.

1. Sumur Gamuling

sumur
Instagram/@lamochiladesara

Meski namanya Sumur Gamuling, namun tempat ini bukan seperti sumur pada umumnya untuk mengambil air. Sumur Gamuling adalah masjid bawah tanah yang juga digunakan sebagai bunker perlindungan elit kesultanan, saat kesultanan diserang.

Masjid ini didesain dengan bentuk dua tingkat melingkar hingga 360 derajat. Bagian tengahnya berlubang dengan desain artistik. Saat imam memimpin sholat, maka suaranya akan terdengar ke seluruh penjuru ruangan.

Di dalam masjid bawah tanah ini ada sebuah sumur yang dikelilingi oleh lima tangga, sebagai perlambangan rukun Islam. Kamu harus tau nih, ketebalan dinding masjid bawah tanah ini mencapai 1,25 meter. Dindingnya terbuat dari susunan batubata yang direkatkan dengan bahan alami seperti putih telur.

Untuk sampai ke masjid ini, kamu harus melewati sebuah gerbang tingkat dua. Dulunya, gedung ini berfungsi sebagai tempat raja untuk mengawasi para selirnya mandi di Umbul Kuras.

2. Istana Air

istana
Instagram/@sophia_hodes .

Spot menarik lainnya di Taman Sari yang nggak boleh dilewatin ialah, Istana Air. Istana Air ini terletak di dekat gerbang menuju Sumur Gamuling. Taman Sari memiliki tiga kolam dengan nama dan fungsi yang berbeda. Umbul Panguras yaitu kolam untuk pemandian para raja. Umbul Kawitan, tempat pemandian putri raja dan yang terakhir adalah Umbul Pamucar yang digunakan sebagai tempat pemandian para selir raja.

3. Gapura Agung

gapura
instagram/@vietyanachloe

Tempat selanjutnya yang nggak kalah keren untuk dijadikan spot foto ialah Gapura Agung. Dulu, saat bangunan ini berfungsi sebagai taman kesultanan, Gapura Agung digunakan sebagai lokasi transit kereta kencana kesultanan. Bangunan ini didominasi oleh bentuk bunga dan sayap burung di setiap tingkatnya. Di depan Gapura Agung ini terdapat sejumlah pot bunga dengan ukuran yang cukup besar.

4. Gapura Panggung

ga[rua
instagram/@muhfaridyahya08

Dulu, saat masih zaman kesultanan, yang boleh masuk ke dalam Gapura Panggung ialah para raja dan keluarganya. Dari atas Gapura Panggung, raja biasanya dapat menikmati keindahan dan kemegahan Taman Sari yang dilengkapi dengan danau buatan dengan hiasan berbagai bunga cantik.

Gapura Panggung juga menjadi tempat bagi raja untuk menikmati berbagai tarian tradisional diiringi oleh merdunya suara gamelan. Uniknya, tangga dari kayu jati di Gapura Panggung ini masih kuat dan kokoh hingga sekarang.

5. Gedung Kenongo

jogja
Instagram/@jogjagreat_tour

Di antara banyaknya bangunan yang ada di Taman Sari Yogyakarta, Gedung Kenongo menjadi bangunan paling tinggi. Sekarang gedung ini masih digunakan sebagai tempat jamuan makan kerajaan. Di tempat ini juga para pengunjung dapat menikmati indahnya sunset di Yogyakarta.
 

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Putri
Putri

Putri

Writer
TERKAIT DENGAN INI

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU