The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Mencair, Gletser Presena Ditutup Pakai Terpal Raksasa
Gletser Presena ditutup dengan terpal raksasa. (Getty via The Guardian)
Travel

Mencair, Gletser Presena Ditutup Pakai Terpal Raksasa

Jumat, 26 Juni 2020 12:21 WIB 26 Juni 2020, 12:21 WIB

INDOZONE.ID - Gletser Presena di Italia terus mencair. Bahkan sudah kehilangan sepertiga volumenya sejak tahun 1993. Untuk mencegahnya terus terjadi, negara itu memutuskan untuk menutupnya dengan sebuah terpal raksasa.

Mengutip The Guardian, pemerintah Italia memutuskan untuk menutup gletser Presena dengan terpal raksasa agar dapat terhalang dari matahari di musim panas ini.

"Arena ini terus menyusut, jadi kami mencakup sebanyak mungkin," kata Kepala Perusahaan Carosello-Tonale, Davide Panizza.

Sebenarnya, proyek penutupan gletser dengan terpal ini sudah dilakukan sejak tahun 2008 lalu yang mencakup area sekitar 30.000 meter persegi. Sekarang ini, terpal raksasa itu sudah mencakup 100.000 meter area.

"Terpal geotekstil yang memantulkan sinar matahari, mempertahankan suhu lebih rendah dan menjaga salju sebanyak mungkin," kata dia.

Di antara perbatasan wilayah  Lombardy dan Trentino Alto Adige, para petugas mulai meletakan lembaran-lembaran terpal di area ketinggian 2.700-3.000 meter.

Setiap lembaran terpal berukuran 70 x 5 meter itu berwarna putih yang sulit dibedakan dengan salju yang berada di bawahnya.

"Ada sistem penutup gletser yang mirip dengan kami di beberapa gletser Austria, tapi permukaan yang ditutupi terpal jauh lebih kecil," kata Panizza.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Muhammad Alfath Ishari
Nanda

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US