The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Saingannya Thailand! Kota Batu Punya Patung Buddha Tidur Raksasa, di Sini Lokasinya
Patung Buddha tidur di Kota Batu, Jawa Timur (Hasan Syamsuri/IDZ Creators)
Travel

Saingannya Thailand! Kota Batu Punya Patung Buddha Tidur Raksasa, di Sini Lokasinya

Selasa, 17 Mei 2022 10:00 WIB 17 Mei 2022, 10:00 WIB

INDOZONE.ID - Seakan enggak mau kalah sama Thailand yang punya obyek wisata andalan berupa wisata Patung Buddha Tidur, Indonesia ternyata juga memiliki Patung Buddha Tidur seperti di Thailand. Bahkan Indonesia memiliki lima Patung Buddha Tidur yang tersebar di beberapa daerah, dan salah satunya ada di Kota Batu, Jawa Timur.

Patung Buddha Tidur itu ada di Vihara Dhammadipa Arama di Jalan Ir. Soekarno, Desa Mojorejo, Kecamatan Junrejo. Vihara Dhammadipa Arama merupakan Vihara terbesar dan tertua di Kota Batu, yang didirikan pada 1971 di atas lahan seluas lima hektar.

Selain jadi tempat ibadah umat Buddha, vihara ini juga membuka diri menjadi destinasi wisata religi.

sleeping buddha
Patung Buddha Tidur di vihara terbesar di Kota Batu (Hasan Syamsuri/IDZ Creators)

Umat dari agama lain bebas berwisata religi ke vihara ini. Selain wisatawan dari luar daerah, peminat wisata religi ini juga datang dari dunia pendidikan. Khususnya dari para pelajar setingkat Sekolah Dasar, untuk mengajarkan para pelajar akan pentingnya toleransi dan saling menghormati antar sesama pemeluk agama.

sleeping buddha
Sering dikunjungi pelajar dari berbagai wilayah (Hasan Syamsuri/IDZ Creators)

Daya tarik utama dari Vihara ini tentu salah satunya adalah Patung Buddha Tidur yang diletakkan di bagian tengah vihara, tepatnya di dekat area kolam yang banyak dipenuhi bunga teratai. Patung Buddha Tidur di sini dilapisi cat berwarna emas, sehingga tampak berkilau meski dilihat dari kejauhan.

Patung Buddha Tidur sendiri merupakan salah satu monumen ikonik yang kerap ditampilkan di destinasi-destinasi wisata religi umat Buddha.

sleeping buddha
Patung Buddha tidur nampak berkilau dari kejauhan (Hasan Syamsuri/IDZ Creators)

Bahkan di Indonesia sendiri terdapat lima Vihara yang memiliki Patung Buddha Tidur. Salah satunya bahkan merupakan yang terbesar ketiga di Asia. Yakni Patung Buddha Tidur yang ada di Maha Vihara Mojopahit di Kota Mojokerto.

Patung Buddha Tidur sendiri menggambarkan bahwa sang Buddha telah berada pada tingkatan tertinggi, yaitu mencapai nirwana.

sleeping buddha
Menggambarkan sang Buddha sudah berada di nirwana (Hasan Syamsuri/IDZ Creators)

Pada Patung Buddha Tidur di Vihara Dhammadipa Arama, terlihat Buddha menopang kepalanya dengan tangan yang menandakan peristirahatan. Karena menunjukkan tingkat kesempurnaan Buddha, enggak semua vihara bisa memiliki patung ini.

Bikin cerita serumu dan dapatkan berbagai reward menarik! Let’s join IDZ Creators dengan klik di sini.

IDZ Creators
IDZ Creators

TAG
Rini Puspita
Hasan Syamsuri
Hasan Syamsuri

Hasan Syamsuri

Community Writer
JOIN US
JOIN US