The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Bandara Miami akan Pakai Anjing Pelacak untuk Deteksi COVID-19, Jadi Pertama di AS!
Anjing yang mendeteksi COVID-19. (photo/Dok. Courtesy of Miami International Airport)
Travel

Bandara Miami akan Pakai Anjing Pelacak untuk Deteksi COVID-19, Jadi Pertama di AS!

Selasa, 14 September 2021 11:44 WIB 14 September 2021, 11:44 WIB

INDOZONE.ID - Miami menjadi kota pertama di Amerika Serikat yang menggunakan anjing untuk melacak COVID-19. Ini dilakukan dengan mengerahkan sepasang anak anjing terlatih sebagai bagian program percontohan selama sebulan. Kedua anjing itu merupakan anjing Belgian Malinois yang bernama Cobra dan anjing gembala Belanda bernama One Betta.

Mereka pun telah dilatih untuk mengendus senyawa organik yang mudah menguap, yang dikeluarkan melalui napas dan keringat dan hasilkan aroma yang dapat dideteksi oleh anjing. Jika seekor anjing mengira seseorang mungkin mempunyai bau virus, orang itu akan diarahkan untuk melakukan antigen COVID-19 atau tes cepat COVID-19. 

"Pandemi ini telah mendorong kami untuk berinovasi untuk menghentikan penyebaran," ungkap Daniella Levine Cava selaku walikota Miami-Dade County. 

Untuk membantu mengasah kemampuan mengendus mereka, anjing pendeteksi pun dilatih Global Forensic and Justice Center di Florida Internasional University. Anjing-anjing itu pun menerima ratusan sesi pelatihan dan mencapai tingkat akurasi dari 96% hingga 99%. Ini pun mendapatkan komentar dari Dr. Kenneth G. Furton selaku retor FIU dan profesor kimia dan biokimia. 

"Mampu menerapkan penelitian selama puluhan tahun dengan cara ini, untuk memberikan lapisan perlindungan tambahan kepada karyawan bandara di Bandara Internasional Miami , itu sangat memalukan," ungkapnya. 

"Anjing-anjing ini adalah alat berharga lain yang dapat kita manfaatkan untuk membantu kita hidup dengan pandemi yang sedang berlangsung ini." jelasnya. 

Sekadar informasi, Miami sendiri bukan menjadi bandara pertama di dunia yang menggunakan anjing untuk mengendus karena potensial COVID-19. Pada Agustus 2020, Bandara Internasional Dubai telah kerahkan anjing-anjing untuk menguji sampel dari pelancong yang mengunjungi negara itu. 

Sebulan kemudian, hal ini juga dilakukan Bandara Helsiniki sebagai bagian dari program sukarela di aula kedatangan. Di sana, para penumpang pun diminta untuk menyeka kulit mereka dan meletakkan lap di cangkir, yang kemudian diendus oleh anjing.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fernando Sutanto

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US